Pantau Ibu Hamil, Fakultas Kedokteran Unjani Gagas Sistem Informasi Online

Rabu, 17 November 2021 - 12:05 WIB
loading...
Pantau Ibu Hamil, Fakultas Kedokteran Unjani Gagas Sistem Informasi Online
Fakultas Kedokteran Universitas Ahmad Yani (Unjani) menggagas sistem informasi online bagi ibu hamil. Sistem ini akan memudahkan pemantauan ibu hamil oleh bidan atau pihak kesehatan terkait lainnya. Foto ilustrasi
A A A
BANDUNG - Fakultas Kedokteran Universitas Ahmad Yani (Unjani) menggagas sistem informasi online bagi ibu hamil . Sistem ini akan memudahkan pemantauan ibu hamil oleh bidan atau pihak kesehatan terkait lainnya.

Dosen Fakultas Kedokteran Unjani Hindun Saadah mengatakan, pihaknya sudah melakukan uji coba penggunaan sistem informasi yang membantu bidan dalam mencatat data pelayanan Ante Natal Care (ANC) secara digital. Sistem ini telah diterapkan melalui program pengabdian masyarakat di Puskesmas Batujajar Kabupaten Bandung Barat.

Pelaksanaan pengisiian data ANC dilakukan dari Oktober hingga Desember 2021. Untuk proses ini, pihaknya melibatkan tim dosen dan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Saint dan Informatika (FSI). "Jadi kami membuat aplikasi berbasis web yang berisikan informasi mengenai data-data hasil pemeriksaan ANC ibu hamil juga data yang berisikan informasi saat persalinan," jelas dia.

Dalam aplikasi ini data ANC ibu hamil dimasukkan dengan tujuan untuk mempermudah pelaporan dan pencatatan. Selain itu juga dapat dengan mudah mendeteksi perkembangan janin. Pengambilan data ibu hamil dimasukkan oleh bidan yang ada di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM).

"Data ibu hamil kami ambil setiap tiga sekali dalam seminggu disesuaikan dengan jadwal kunjungan ibu hamil di Puskesmas yaitu Selasa, Kamis, dan Jumat. Data diambil sampai ibu hamil melahirkan. Hasil data yang diambil merupakan data ANC hasil pemeriksaan ibu hamil oleh bidan di PKM Batujajar," beber dia.

Menurut dia, sistem informasi yang mudah diaplikasikan dan sesuai kebutuhan dapat membantu pengumpulan, pengolahan dan analisis data serta pembuatan laporan. Data yang masuk dalam sistem akan menjadi suatu database yang dimiliki oleh Puskesmas.

"Nantinya, hasil dari data yang diambil dapat dibuat suatu grafik untuk melihat perkembangan janin dalam kandungan dengan mudah dan sederhana dan kemajuan kesehatan ibu selama kehamilan dan persalinan," katanya.

Menurut dia, grafik tersebut diharapkan bisa membantu menurunkan angka kematian ibu (AKI) di Indonesia yang cukup tinggi. Hasil Survei Demografi Kesehatan Indonesia 2012 menunjukkan AKI sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup.

Sedangkan hasil Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) 2015 menunjukkan AKI sebesar 305 per 100.000 kelahiran hidup, masih sangat tinggi dibandingkan perkiraan Kementerian Kesehatan.

Berdasarkan data Bank Dunia yang menyatakan bahwa sejak 2000, AKI di Indonesia menunjukkan tren menurun, dengan menyebutkan bahwa rasio AKI di Indonesia sebesar 177 per 100.000 kelahiran hidup pada 2017 kelahiran hidup berbanding terbalik dengan kenaikan angka pen-capaian cakupan periksa kehamilan (92-98 persen); persalinan oleh tenaga kesehatan (66-83 persen); persalinan di fasilitas pelayanan kesehatan (40-63 persen).
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2689 seconds (0.1#10.140)