BMKG Peringatkan Bahaya Petir yang Bisa Timbulkan Berbagai Bencana

Minggu, 14 November 2021 - 18:12 WIB
loading...
BMKG Peringatkan Bahaya Petir yang Bisa Timbulkan Berbagai Bencana
BMKG memperingatkan bahaya petir yang bisa menimbulkan banyak bencana. Foto: SINDONews/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memberikan penjelasan terkait kejadian petir yang bisa menyebabkan timbulnya berbagai bencana .

Hal itu juga menyusul dugaan kebarakan kilang pertamina Cilacap yang diduga disebabkan oleh sambaran petir.

Petir yang banyak muncul saat musim hujan ini tak hanya bisa mencelakai manusia, tetapi bisa menyebabkan pohon roboh dan terbakarnya bangunan.



Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung Teguh Rahayu mengatakan, untuk menghantarkan arus ke bumi, petir cenderung memilih tempat terbuka, objek yang tinggi di permukaan bumi.

Obyek tinggi bisa berupa bukit atau gunung, tiang ataupun pohon, manusia, hewan, ataupun bangunan yang berada di tempat terbuka.

“Sehingga, orang yang berada di tengah sawah, bermain bola di lapangan, ataupun berlayar di atas kapal di lautan bisa menjadi obyek yang bisa disambar petir. Oleh karena itu, ketika terjadi petir di dataran luas justru tidak diperbolehkan berlindung di bawah pohon, lebih baik berlindung ke tempat yang aman seperti di dalam rumah atau bangunan,” bebernya, Minggu (14/11/2021).

Menurut dia, masyarakat bisa mendeteksi dini kejadian petir yang mungkin timbul di daerahnya. Seperti perubahan cuaca yang cukup cepat. Perubahan cuaca secara cepat itu bisa dilihat dari gumpalan awan-awan seperti bunga kol yang warnanya gelap pekat (awan Cumulonimbus/Cb) dan udara dingin sesaat sebelum munculnya petir.



“Saat itu, kita lebih baik berlindung di tempat yang aman seperti ke dalam rumah atau bangunan ketika sudah muncul tanda-tandanya. Jangan berlindung di bawah pohon,” imbuh dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)