Banyak Temuan Positif COVID-19 di Sekolah, Ridwan Kamil Minta Semua Daerah Tes Acak

Minggu, 24 Oktober 2021 - 12:01 WIB
loading...
Banyak Temuan Positif COVID-19 di Sekolah, Ridwan Kamil Minta Semua Daerah Tes Acak
Gubernur Jabar Ridwan Kamil minta semua daerah lakukan tes acak menyusul temuan banyak kasus positif COVID-19. Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat meminta kabupaten/kota di Jawa Barat melakukan tracing atau tes acak kepada siswa dan guru yang melakukan pembelajaran tatap muka (PTM), menyikapi temuan kasus 14 sekolah di Bandung ditutup setelah siswa dan gurunya positif COVID-19.

"Selain Bandung belum ada laporan. Nanti saya dorong (daerah lain). Jangan jangan testing rutin tapi tidak di sekolah. Saya akan arahkan setelah Bandung, daerah lain," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Minggu (24/10/2021).

Baca juga: Janda Muda Tewas Bersimbah Darah Bersama Teman Prianya dalam Kamar Kos

Menurut dia, temuan kasus di Bandung akan menjadi fokus Pemprov Jabar. Pekan depan, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi, until membahas persoalan ini. Sehingga deteksi sedini mungkin bisa dilakukan agar kasus COVID tidak kembali naik.

"Minggu ini saya rapat, kami evaluasi terus. Kami akan fokus lakukan tes sipling acak di sekolah. Karena COVID surut ini bukan karena sudah hilang. Tapi rasio tasting harian kita rendah, tapi jumlah testing tidak pernah diturunkan," beber dia.

Diketahui, sebanyak 14 sekolah di Kota Bandung dihentikan sementara pelaksanaan PTM terbatas. Hal itu menyusul temuan lebih dari 70 siswa dan guru yang dilakukan tes acak. Tes Acak targetnya akan menyasar sekitar 4.500 siswa dan guru.

Ketika ditanya apakah temuan kasus tersebut, PTM akan dihentikan seluruhnya. Emil mengaku pihaknya menggunakan pendekatan ilmiah dalam menangani COVID-19. "Enggak dihentikan semua. Covid mengajarkan kita harus proposional. Dulu kasus di desa rendah, tapi ikut PPKM juga. Kita basisnya ilmiah," ujar dia.

Emil juga mengapresiasi kerja cepat komite covid Kota Bandung atas temuan tersbeut. Menurut dia, SOP jika ditemukan kasus di sekolah memang harus ditutup. Kemudian ditracing apabila siswa dan guru yang kena.

"Tinggal ditingkatkan lagi, apakah sudah di vaksin apa belum. Karena belum semua pelajar di vaksin. Walaupun kecepatan vaksin kita capai 400 ribu per hari," imbuh dia.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)