Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Dijanjikan Kenaikan ADD, 2400 APD Batalkan Demo yang Sudah Direncanakan

loading...
Dijanjikan Kenaikan ADD, 2400 APD Batalkan Demo yang Sudah Direncanakan
Ribuan kepala desa dan perangkatnya di Kabupaten Blitar batal menggelar aksi karena dijanjikan kenaikan ADD tahun 2022. Foto: Ilustrasi/SINDONews
BLITAR - Sebanyak 2.400 kepala desa dan perangkat desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa (APD) Kabupaten Blitar batal menggelar aksi , karena dijanjikan kenaikan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2022.

Padahal, aksi demo ribuan APD Blitar itu telah direncanakan. Mereka menuntut kenaikan ADD kepada Pemkab Blitar karena menilai wajar mengingat aturan membolehkan. Apalagi, ADD dianggap sudah tidak cukup.

Pada APBD 2022 mendatang, Pemkab Blitar berjanji menaikkan besaran ADD. Karenanya rencana aksi turun ke jalan, batal digelar.

Baca juga: Demo Kasus Korupsi di Flores Timur Ricuh, Massa Coba Terobos Kantor Kejari



"Dalam pertemuan dengan dinas terkait, tuntutan APD ternyata dikabulkan.Tuntutan kenaikan ADD akan dipenuhi pada tahun 2022," kata Kepala Desa Rejowinangun Bagas Wigasto yang juga juru bicara APD Kabupaten Blitar kepada wartawan, Rabu (13/10/2021).

Secara aturan, prosentase ADD dari APBD setelah dipotong Dana Alokasi Khusus (DAK), bisa 15 %. Namun yang terjadi di Kabupaten Blitar masih sebesar 10 %. Besaran ADD untuk 220 desa di 22 Kecamatan sebesar Rp 128,9 miliar per tahun.

Baca juga: Sakit Hati Dilukai Wanita, Pria di Surabaya Lampiaskan Nafsu Birahi ke Bocah

“Sejak tahun 2015 prosentase ADD hanya 10 % dari pagu APBD. Sehingga belum mencukupi," ujar Kepala Desa Rejowinangun Bagas Wigasto.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar Rully Wahyu membenarkan ADD akan naik pada tahun 2022.

Prosentase kenaikan dari 10 % menjadi 12 % disepakati dalam rapat hearing pembahasan. "Dan prosentase kenaikan itu disesuaikan dengan aturan dan kekuatan APBD Kabupaten Blitar," ujar Rully.
(nic)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top