91 Butir Peluru dan 1 Granat Korea Aktif Ditemukan di Serang Banten

Selasa, 02 Juni 2020 - 17:19 WIB
loading...
91 Butir Peluru dan 1 Granat Korea Aktif Ditemukan di Serang Banten
Personel Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Banten mengamankan granat dan peluru yang ditemukan di Kepuren, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Banten, Selasa (2/6/2020). Foto/iNews TV/Mahesa Apriandi
A A A
SERANG - Warga Perumahan Persada Banten, Kelurahan Kepuren, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Banten menemukan granat dan peluru di sebuah rumah kontrakan kosong, Selasa (2/6/2020).

Penemuan itu langsung ditindaklanjuti oleh personel Gegana Brimob Polda Banten dengan mengamankan granat dan peluru militer yang tersimpan dalam kotak di dapur rumah tersebut. Dari pemeriksaan diketahui granat berjenis Korea, sedangkan pelurunya tipe SS1 kaliber 5,56 milimeter (mm). Granat dan peluru yang diduga masih aktif. (Baca juga: Banjir Rob Merendam Kantor Koramil, Polsek dan Camat Pekalongan Utara)

Personel Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Banten yang dipimpin oleh Iptu Wachijan bersama 6 personel Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Banten kemudian membawa granat dan peluru tersebut ke Mako Brimob Polda Banten untuk dilakukan disposal. (Baca juga: Tolak Pemakaman Standar COVID-19, Keluarga Pasien Ambil Paksa Jenazah)

Proses evakuasi tersebut juga dibantun 10 Personel Polsek Walantaka dan 5 personel Koramil Walantaka. Proses evakuasi berjalan lancar meski sempat menyita perhatian warga. “Amunisi sebanyak 91 butir dan satu buah granat jenis Korea. Keduanya produksi Pindad,” kata Kapolsek Walantaka, AKP Kasmuri, Selasa (2/6/2020).

Kasmuri bercerita awalnya pemilik kontrakan membersihkan rumahnya yang sudah lama kosong. Saat menyapu bagian dapur, dia menemukan kotak besi dan ketika dibuka, berisikan granat dan amunisi yang diduga masih aktif.

Pemilik kontrakan kemudian melaporkannya ke Ketua RT dan RW dan selanjutnya melapor ke Polsek dan Danramil Walantaka untuk segera ditangani. “Rumah tersebut dikontrakkan, tiga tahun yang lalu oleh pemiliknya, sekarang dalam keadaan kosong. Ditemukan saat pemilik rumah membersihkan kontrakannya. Sekarang sudah ditangani oleh Brimob,” terangnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)