APBD Perubahan Kabupaten Gowa Fokus Penanganan Dampak Covid-19

Minggu, 29 Agustus 2021 - 14:03 WIB
loading...
APBD Perubahan Kabupaten Gowa Fokus Penanganan Dampak Covid-19
Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni menyerahkan Nota Keuangan dan Ranperda APBD-P Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2021. Foto: Istimewa
A A A
SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menyerahkan Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran 2021 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa , Sabtu (28/8/2021).

Nota Keuangan dan Ranperda APBD-P Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2021 ini diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni didampingi oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina secara virtual di Peace Room A'Kio, Kantor Bupati Gowa.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Gowa mengatakan, APBD-P kali ini difokuskan pada tiga komponen utama penanganan atas keadaan dari dampak pandemi Covid-19, yaitu pelayanan kesehatan, jaring pengaman sosial (social savety net), dan pemulihan ekonomi.

"Dalam penyusunannya, sudah didasarkan pada kebijakan daerah yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi perkembangan daerah saat ini dengan tetap mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Gowa Tahun 2021," ujarnya.



Dia menjelasn, Rancangan Perubahan APBD ini telah didahului dengan pembahasan kebijakan umum perubahan anggaran (KUPA) dan prioritas plafon anggaran (PPA) perubahan tahun anggaran 2021 oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama dengan badan anggaran DPRD Kabupaten Gowa.

Wakil Bupati Gowa menyebutkan, pendapatan daerah Kabupaten Gowa mengalami penambahan sebesar Rp12 miliar atau naik 0,68% dari anggaran pokok sebesar Rp1,84 triliun sehingga anggaran setelah perubahan menjadi sebesar Rp1,85 triliun.

Dirinya menjelaskan bahwa perubahan anggaran pendapatan daerah, dialokasikan dalam kelompok belanja yaitu kelompok belanja operasi dan belanja modal.

Dalam perubahan APBD ini, belanja operasi mengalami kenaikan sebesar Rp84 miliar atau naik 6,75% dari anggaran pokok sebesar Rp1,25 triliun, sehingga anggaran setelah perubahan menjadi sebesar Rp1,34 triliun.

"Dari uraian tersebut diatas maka dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa pendapatan daerah setelah perubahan sebesar Rp1,85 triliun, belanja daerah setelah perubahan sebesar Rp2,22 triliun," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2802 seconds (0.1#10.140)