Nusantara Award 2021 Dorong Pelestarian Budaya di Tanah Air

Minggu, 29 Agustus 2021 - 07:33 WIB
loading...
Nusantara Award 2021 Dorong Pelestarian Budaya di Tanah Air
Seremoni Penganugerahan Nusantara Award dan Dialog Nusantara secara virtal, Sabtu (28/08/2021). Foto ist
A A A
JAKARTA - Nusantara Award, sebuah iven penghargaan bagi pihak-pihak baik perorangan maupun organisasi yang memberikan kontribusi pada pelestarian kebudayaan, keagamaan, dan kerajaan di Indonesia telah memberikan dampak signifikan bagi pelestarian budaya di Tanah Air.

Hal ini diakui Dr. Ida Ayu Laksmita Sari, salah satu penerima penghargaan Nusantara Award 2021 kategori Nusantara Academic Award (NAA).Laksmita Sari mengungkapkan bahwa Nusantara Award ini sangat mulia karena mendorong dengan tindakan nyata dalam proses pelestarian dan pengembangan budaya Nusantara.

Dia mengakui adanya perubahan yang signifikan dari pelestarian budaya yang dilakukan oleh masyarakat, khususnya anak muda di daerah Bali Aga, Bali Utara, lokasi saya melakukan penelitian lapangan sejak tahun 2015. Baca Juga: Sambut HUT RI, Mahasiswa Unismuh Makassar Gelar Aksi Teatrikal Gantung Diri

"Kini mereka telah memiliki inisiatif untuk menggali potensi cerita rakyat, budaya, gastronomi, dan pariwisata yang dirasakan sangat penting untuk mendukung perekonomian lokal,” uangkap Laksmita Sari saat gelaran awarding ini dilakukan secara virtual, Sabtu (28/8/2021).

Untuk diketahui, Nusantara Award yang diinisatif oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan iven tahunan yang sudah dilakukan sejak 2019. sebagai bagian dari masyarakat pun turut mencermati pelestarian budaya melalui kerjasama yang terjalin dengan Nusantara Institute dan Nusantara Kita Foundation. Upaya pelestarian tersebut diwujudkan melalui gelaran Nusantara Award 2021.

Pada tahun 2021, kerjasama BCA dengan Nusantara Institute dan Nusantara Kita Foundation kembali menggelar Nusantara Award 2021, dimana pada Sabtu (28/8/2021) memasuki tahapan akhir yaitu awarding bagi penerima penghargaan.

Kegiatan pemberian penghargaan ini dihadiri oleh Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati, Pendiri dan Direktur Nusantara Institute Prof Sumanto Al Qurtuby MSi, MA, PhD, Co Founder Nusantara Kita Foundation Ida Widyastuti, Penggerak Jaringan Gusdurian dan Pecinta Budaya Inaya Wahid dan para peraih penghargaan.

Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki keberagaman budaya yang tersebar hampir di seluruh wilayah. Pelestarian budaya sudah menjadi kewajiban semua anak bangsa.

"Keberadaan award seperti ini merupakan momentum yang istimewa dan perlu mendapatkan apresiasi terutama bagi seluruh peserta yang telah mencurahkan waktu serta pikiran untuk menggali potensi budaya bangsa,” ujar Inge Setiawati.

Nusantara Award 2021, lanjut dia, terdiri dari 3 kategori yaitu Nusantara Academic Award (NAA) yang merupakan penghargaan akademik bagi karya tulis disertasi atau tesis bertema kebudayaan. Waskita Nusantara Award (WNA) merupakan penghargaan non-akademik bagi para pelestarian budaya. Dan terakhir Nusantara Writing Grant (NWG) merupakan beasiswa yang diberikan bagi pembuatan tesis serta disertasi bertemakan kebudayaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)