Aplikasi KPU Diminta Disempurnakan untuk Pemilu Mendatang

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 09:00 WIB
loading...
Aplikasi KPU Diminta Disempurnakan untuk Pemilu Mendatang
Sejumlah aplikasi milik KPU diminta untuk disempuranakan jelang pelaksanaan Pemilu. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Semua aplikasi yang dimiliki Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menyukseskan perhelatan politik 2024, diminta disempurnakan secepat mungkin. Paling lambat tahun depan atau 2022.

Sejauh ini, KPU sudah meluncurkan beberapa aplikasi dan akan kembali digunakan untuk pesta politik, diantaranya sirekap, sidalih, sipol, silog, dan sidakam.

Reza Lesmana dari KawalPemilu mengatakan, khusus sirekap masih ada beberapa catatan yang menjadi keluhan bagi petugas TPS di lapangan, misalnya cara penggunaannya yang dinilai masih sulit dioperasikan.



Apalagi tantangan untuk pemilih 2024 yang lebih kompleks, karena pemilihannya ada lima macam, yakni presiden, DPR (kabupaten/kota, provinsi dan RI), dan DPD. Dari segi TPS pasti akan jauh lebih banyak, dan dari segi kapasitas juga harus diperhatikan betul.

Karena jumlah kertas pemilihannya banyak, maka beban petugas TPS juga makin bertambah, di mana pada 2019 lalu, muncul banyak keluhan KPPS yang harus bekerja sampai larut malam.

"Saya kira, aplikasi itu (sirekap) malah menambah pekerjaan mereka (petugas TPS). Selain mengerjakan tugas-tugas biasanya, mereka juga harus memotret dan memasukkan data ke aplikasi," ujarnya.

Reza menilai sejatinya yang dikeluhkan petugas KPPS dan menjadi beban berat bagi mereka ialah menyalin hasil perhitungan suara yang akan dibagikan ke para saksi, pekerjaan ini menyita banyak waktu.

"Saya pikir kalau aplikasi ini bisa digunakan untuk menghasilkan salinan digital, dan tidak harus lagi salinannya manual, maka bisa memudahkan KPPS. Dan mereka tentu bisa lebih semangat menggunakan aplikasi ini," paparnya.

Reza bilang, penyempurnaan aplikasi KPU ini menjelang pesta politik 2024 perlu menjadi perhatian, khususnya pihak terkait yang terlibat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3045 seconds (0.1#10.140)