Abaikan Petugas SAR, Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Watulawang

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:09 WIB
loading...
Abaikan Petugas SAR, Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Watulawang
Seorang wisatawan asal Temanggung, Jawa Tengah, tewas tergulung ombak di Pantai Watulawang, Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Minggu (5/5/2024). Foto/Erfan Erlin
A A A
GUNUNGKIDUL - Seorang wisatawan asal Temanggung, Jawa Tengah, tewas tergulung ombak di Pantai Watulawang, Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul . Padahal petugas SAR sudah memberikan peringatan korban agar tidak berenang ke tengah yang berombak besar.

Sekretaris SAR Satlinmas Istimewa Wilayah II Pantaj Baron Surisdiyanto menuturkan, peristiwa tersebut terjadi Minggu (5/5/2024) pukul 13.30 WIB. Korban adalah ADY (25) warga asal Lingkungan Paingan RT 01/04 Purworejo Temanggung.

Suris menuturkan, korban bermain air di Pantai Watulawang bersama rombongan. Berulang kali petugas Satinmas memberi imbauan agar tidak bermain air terlalu ke tengah tetapi tak dihiraukan.



Diduga korban bermain air terlalu ke tengah dan tidak menyadari ombak besar datang sehingga terhantam dan terseret arus ke tengah dan tenggelam.

“Teman-temannya berteriak meminta tolong dan tidak bisa berbuat banyak," katanya.

Melihat korban terbawa arus ke tengah, tiga anggota SAR Istimewa langsung berusaha menolong korban dengan berenang mengikuti ke tengah. Sementara anggota yang lain meminta bantuan unit kapal untuk membantu pertolongan dari tengah.

Korban berhasil ditolong oleh petugas dan dibawa berenang di tengah lautan sambil menunggu datangnya tim kapal. Selang beberapa saat tim kapal datang dan mengevakuasi korban ke atas kapal.



Petugas kemudian membawa korban ke daratan di Pantai Ngandong. Petugas kemudian berusaha memberikan pertolongan kepada korban dengan tindakan yang dibutuhkan. "Namun saat itu korban sudah dalam keadaan tak sadarkan diri," ucap Suris.

Kondisi korban tidak sadar, maka petugas SAR langsung membawanya ke rumah sakit RSUD Saptosari. “Sesampainya di rumah sakit korban dinyatakan henti napas oleh tim dokter,” tutur Suris.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)