Antisipasi Karhutla Gambut, 150 Sumur Bor di Pulang Pisau Dioptimalkan

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 12:12 WIB
loading...
A A A
Namun Irawan membeberkan sejumlah kendala yang dihadapi, di mana terdapat peralatan serta satu sumur bor yang rusak sehingga butuh perbaikan. "Dari 100 sumur bor yang ada sejak 2017, satu di antaranya rusak, kini tersisa 99," ujarnya.

Dia pun berharap ada penambahan 200 sumur bor lagi, karena pada tahun 2019 sempat ditemukan dua titik api yang sulit dipadamkan. Sehingga meluas dan membakar perkebunan warga.

"Saat kemarau itu kewalahan karena titik api enggak bisa padam. Hari ini padam besok ada lagi. Kendalanya ya tidak ada sumber air, sampai kebun kami tinggal beberapa pohon saja," ungkapnya.

Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Restorasi Gambut Kalimantan dan Papua, Jany Tri Raharjo mengatakan, sumur bor dibangun di wilayah rentan terbakar pada musim kemarau yang tidak memiliki atau jauh dari sumber air seperti sungai.

Saat ini, lanjut dia, BRGM terus mendorong upaya pembasahan gambut sebagai bentuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Langkah tersebut tak hanya di Desa Wono Agung dan Desa Mintin. Akan tetapi juga di 86 desa binaan di Kalteng.

"Dalam menunjang kegiatan pembasahan tersebut, TP Satker Kalteng juga melakukan kegiatan pemeliharaan 9,165 SBO pada 7 Kabupaten, 1 kota di 86 desa yang dilaksanakan Pokmas atau MPA binaan," ujarnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)