Bupati Noormiliyani Menggelar Bimtek Pratugas bagi Kades

Senin, 12 Juli 2021 - 19:22 WIB
loading...
Bupati Noormiliyani Menggelar Bimtek Pratugas bagi Kades
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Kuala menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) pratugas bagi 163 kades yang sepuluh hari lalu dilantik.
A A A
MARABAHAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Kuala menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) pratugas bagi 163 kades yang sepuluh hari lalu dilantik. Bimtek digelar dalam dua gelombang. Gelombang pertama yang dibuka Wakil Bupati Rahmadian Noor oleh diikuti 90 kades dan 90 Ketua TP-PKK Desa dan 9 Ketua TP-PKK Kecamatan, pada Jumat (9/7/2021) dan Sabtu (10/7/2021), di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Sedangkan 73 kades lainnya beserta 73 Ketua TP-PKK Desa dan 8 Ketua TP-PKK kecamatan lainnya akan mengikuti Bimtek di gelombang kedua yang akan dilaksanakan pada Rabu (14/07/2021).

Selain kades, para Ketua TP-PKK masing-masing desa dan kecamatan juga mendapatkan peningkatan kapasitas kepribadian dan kompetensi diri.

Pada bimtek pratugas ini para kades diberikan berbagai materi menyangkut kebijakan umum pembangunan Kabupaten Barito Kuala dalam mewujudkan visi misi 'Barito Kuala Setara' yang disampaikan langsung Bupati Noormiliyani AS, sedangkan materi kebijakan umum pemerintah daerah dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa disampaikan Wakil Bupati Rahmadian Noor.

Para kades juga mendapatkan materi pencegahan tindak pidana korupsi dari Kajari Eben Neser Silalahi, Sinergitas Polres Barito Kuala dengan pemerintah desa dalam mewujudkan kamtibmas dari Kapolres AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif dan Sinergitas TNI dengan pemerintah desa dalam pembinaan teritorial yang disampaikan oleh Dandim Letkol Arm Arie Priyudono.

Selain itu, para kades mendapatkan bekal terkait harmonisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dari Ketua BKAD Batola Trisno Subroto; Pengawasan AIP dalam penyelenggaraan pemerintahan desa oleh Inspektur Kabupaten Barito Kuala Ismet Zulfikar; tugas, hak, dan kewajiban kades dari Kabid Pemdes Nurdin, dan dasar-dasar pengelolaan keuangan desa dari Kasi Penataan Desa.

Selain mendapatkan materi umum dari bupati, para ketua PKK juga mendapatkan materi dari Ketua TP-PKK Batola Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor terkait peningkatan kapasitas kepribadian dan kompetensi diri. Sedangkan dari Ketua DWP Barito Kuala Herwina Rezeki Zulkipli para ketua PKK mendapatkan materi tata cara berpakaian.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Noormiliyani memaparkan visi misi dan rencana program dan kegiatan maupun pembangunan yang telah laksanakan.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini mengatakan, untuk materi kebijakan umum pembangunan, ada tiga poin yang harus menjadi acuan kades dalam melaksanakan tugas. "Yaitu memperkuat nilai kemandirian desa untuk tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik, membangun kerja sama dengan semua pihak termasuk kepada mantan rival saat mencalon serta terhadap seluruh aparatur desa. Kades juga diharuskan meningkatkan kapabilitas kinerja serta memahami tugas, fungsi, kewenangan, dan kewajiban dalam pengabdian dan melayani bukan untuk dilayani," ujar Bupati Noormiliyani. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)