Kadis Kominfo Barito Kuala: Desa Cerdas Buka Peluang Tumbuhnya Komunitas Digital

Kamis, 01 Februari 2024 - 13:52 WIB
loading...
Kadis Kominfo Barito Kuala: Desa Cerdas Buka Peluang Tumbuhnya Komunitas Digital
Kepala Diskominfo Barito Kuala menerima kunjungan kader Desa Cerdas, berkaitan dengan 15 Desa Cerdas se-Kabupaten Barito Kuala, di Kantor Diskominfo, Selasa (30/1/2024).
A A A
MARABAHAN - Herry Sasmita, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Barito Kuala menerima kunjungan dari kader desa cerdas. Kunjungan tersebut berkaitan dengan program 15 Desa Cerdas se-Kabupaten Barito kuala dalam rangka memajukan desa-desa tersebut dengan mengajukan fasilitas internet di Kantor Diskominfo, Selasa (30/1/2024).

Pertemuan itu dihadiri oleh tiga Duta Digital, Kader Digital dan juga 15 Desa Cerdas. Herry berpendapat bahwa kader desa cerdas dapat mengordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika dan 15 desa cerdas yang merupakan stimulan dari Kementerian Desa untuk melahirkan desa – desa cerdas lainnya di kabupaten Barito Kuala.

Herry mengharapkan seluruh desa Kabupaten Barito Kuala juga menjadi desa yang cerdas juga transformasi digital. “Transformasi digital ini punya tahapan yang pertama adalah infrastruktur digital kemudian pemulihan digital, masyrakat digital dan ekonomi digital. Empat tahapan itu sebenarnya bisa dilakukan secara bersama-sama tapi hanya empat tahapan ini,” katanya.

Desa Cerdas salah satu gebrakan program dari Kementerian Desa sebagai inovasi yang mengubah daerah pedesaan menjadi lebih maju dan berkelanjutan. "Walaupun sebenarnya dalam kelola Digitalisasi Barito Kuala seyogyanya memang di sektor Dinas Kominfo karena urusan digitalisasi, namun di atasnya ada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)," ujar Herry.

Herry berharap dengan selesainya tugas dari 3 duta digital pada Agustus nanti, ke depan desa-desa digital ini dapat berlanjut dan dan bisa menular ke desa lainnya di Kabupaten Barito Kuala. "Sehingga yang kita impikan, yaitu kelola digital yang dalam hal ini adalah untuk kesejahteraan rakyat dengan mudah, murah dan dalam hal proses itu bisa digitalisasikan,” tutur Herry.

Menurut Herry, Diskominfo akan terus memperhatikan 15 desa ini sebagai desa pertumbuhan yang dapat berpeluang menjadi komunitas digital desa diperkuat dengan internet.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0943 seconds (0.1#10.140)