Penutupan MTQ Ke-54, Mujiyat Minta Syiar Islam Terus Dirayakan

Senin, 13 November 2023 - 13:30 WIB
loading...
Penutupan MTQ Ke-54, Mujiyat Minta Syiar Islam Terus Dirayakan
MTQ Ke-54 Tingkat Kabupaten Barito Kuala Resmi ditutup Pj. Bupati Mujiyat. (Foto: dok Pemkab Barito Kuala)
A A A
BARITO KUALA - Resmi ditutup oleh Pj. Bupati Mujiyat, MTQ Ke-54 Tingkat Kabupaten Barito Kuala yang telah berlangsung selama empat hari di Kecamatan Anjir Pasar, Senin (13/11/2023). Keluar sebagai juara umum pada gelaran MTQ tahun 2023 adalah kecamatan Alalak.

8 cabang kegiatan lomba telah dilaksanakan dengan diikuti keseluruhan peserta berjumlah 437 orang, terdiri dari 210 laki-laki dan 227 perempuan. Ketua pelaksana Camat Anjir Pasar, Muhammad Yusufmengatakan bahwa keputusan dewan hakim dan dewan juri merupakan hasil keputusan terbaik yang telah diserahkan ke LPTQ Barito Kuala.

Pada kesempatan tersebut, Muhammad Yusuf turut sampaikan terima kasihnya pada gelaran MTQ di Anjir Pasar yang telah berjalan lancar. “Berkat dukungan dari Penjabat Bupati Barito Kuala dan Sekda selaku ketua umum LPTQ Barito Kuala sehingga kegiatan berlangsung dengan lancar hingga pada penutupan MTQ,“ ucapnya.

Selanjutnya, Sekretaris Rapat Daerah Sammani, membacakan rekomendasi kepada Pj. Bupati atas hasil rapat daerah LPTQ Barito Kuala pada pelaksanaan MTQ 2023. Turut termasuk dalam rekomendasi kepada Penjabat Bupati Barito Kuala tentang pembinaan pendidikan Al Quran untuk mencapai Barito Kuala bebas buta huruf Al Quran.

Menyambut baik rekomendasi yang dibacakan, Mujiyat sampaikan langsung bahwa untuk meningkatkan kecintaan pada Al Quran perlu digalakan perlombaan yang bersifat syiar islam, tidak terkecuali MTQ Tingkat Kabupaten yang berlangsung setiap tahunnya.

“Perlombaan yang telah disaksikan dimaksudkan untuk mengajak memperdalam ilmu-ilmu Al Quran sehingga semuanya yang dipertandingkan untuk mencari kader dan bibit unggul yang Qur Ani,“ ujar Mujiyat.

Dia juga berharap, agar ada tempat menitipkan anak-anak untuk memperdalam ilmu Al Quran di daerah maupun melalui pendidikan di luar Batola sehingga apabila kembali ke tempat asal menjadi bibit yang Alim Qur Ani .

“Kita belajar bersama bahwa syiar islam merupakan kewajiban kita bersama untuk bisa berkembang dan mempunyai daya tarik untuk syiar itu sendiri. Sehingga adanya syiar islam yang setiap tahun berkelanjutan ada kebanggaan membesarkan agama kita,“ ucapnya.

Tidak lupa menjelang musim politik, Mujiyat berpesan kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dan menjaga stabilitas Pemilu Pileg sampai Pilkada sehingga Braito Kuala melaksanakannya secara aman dan kondusif. Diakhiri dengan sholawat dan meriahnya kembang api di halaman kantor kecamatan Anjir Pasar, Mujiyat resmi menutup MTQ Tahun 2023.

Gelaran Meriah penutupan MTQ Kke-54 turut diwarnai berbagai doorprize hadiah yang merupakan sumbangan berbagai SKPD dan masyarakat. Dibagikan pula 15 paket umrah yang langsung diundi oleh Pj. Bupati bersama Sekdakab dan Forkopimda di atas panggung untuk pemenang Juara MTQ, Dewan Juri dan Panita pelaksana. Tidak tertinggal masyarakat pengunjung yang telah mengumpulkan identitas diri turut mendapatkan undian hadiah langsung pada malam penutupan.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)