alexametrics

Tradisi Jelang Lebaran

Demi Daging Meugang, Warga Subussalam Aceh Rela Berdesakan di Pasar Sejak Subuh

loading...
Demi Daging Meugang, Warga Subussalam Aceh Rela Berdesakan di Pasar Sejak Subuh
Warga Kota Subussalam, Aceh, memadati pasar tradisional untuk berburu daging meugang jelang Lebaran.Foto/iNews TV/Ropi H
A+ A-
SUBUSSALAM - Berburu daging meugang menjelang Lebaran merupakan tradisi yang tiap tahun dilakukan masyarakat Aceh, khususnya Kota Subussalam. Namun, tradis berburu daging meugang tahun ini berbeda dari sebelumnya. Sebab, Lebaran di tengah pandemi Corona (COVID-19).

Kota Subussalam masuk dalam zona hijau, sejauh ini belum ada kasus positif Corona. Kondisi itulah yang membuat warga tidak khawatir berdesak-desakan di pasar tradisional sejak subuh. Warga tidak begitu memperdulikan social distancing, selan itu juga sedikit warga yang memakai masker.

Meugang dikenal juga sebagai hari penyembelihan hewan, baik sapi atau kerbau. Hewan-hewan ini dibeli dengan cara patungan atau meuripee, persis seperti saat Hari Raya Idul Adha.

Untuk menjalankan tradisi meugang ini, keluarga dekat sampai tetangga akan menyantap ragam masakan denagn bahan utama daging sapi atau kerbau ini. Tradisi ini dilakukan untuk menyambut datangnya Ramadan, sehari menjelang Idul Fitri, dan Idul Adha.

Ini tak berarti kalau warga Aceh tak makan daging dalam kesehariannya. Mereka tetap menyantap daging, hanya saja, 'makna' daging saat meugang terasa berbeda saat meugang.

Namun, karena saat ini sedang pandemi Corona, warga berburu daging meugang di pasar tradisional bukan patungan membeli sapi atau kerbau.

Di salah satu pasar tradisional Malikussaleh, harga daging bervariasi. Hendri, salah seorang warga Subussalam mengatakan, harga daging berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp180 ribu per kilo.

"Tetap saja warga membeli daging meugang untuk dibikin kuah beulangong, gulai nangka, atau sie reuboh (daging rebus)," tutur Hendri, Sabtu (23/5/2020).
(zil)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak