Menikmati Legitnya Leumang Bersama Boh Manok Kocok Kopi Khas Aceh

Senin, 12 Oktober 2020 - 08:18 WIB
loading...
Menikmati Legitnya Leumang Bersama Boh Manok Kocok Kopi Khas Aceh
Boh Manok Kocok Kopi dan Leumang sajian kuliner khas Tanah rencong Aceh, yang selalu menggoda untuk dinikmati bersama. Foto/iNews TV/Jamal Pangwa
A A A
PIDIE - Aceh , berada di ujung Pulau Sumatera, populer disebut Tanah Rencong dan Serambi Mekah. Menyimpan berjuta potensi kekayaan alam, sosial, budaya, wisata, dan pastinya kuliner khas yang rasanya nikmat penuh kejutan.

(Baca juga: Jejak Bhatara Katong, Putra Brawijaya V Raja Terakhir Majapahit )

Salah satu kekayaan yang khas Tanah Rencong adalah kopi. Bahkan, Aceh , merupakan salah satu lumbung kopi terbaik di Nusantara. Biji kopi terbaik dari tanah ini, juga diolah menjadi berbagai sajian yang memanjakan lidah. Salah satunya Boh Manok Kocok Kopi.

Di Pidie, salah satu wilayah yang ada di Aceh , minuman khas Boh Manok Kocok Kopi, merupakan minuman wajib bagi para petani sebagai penambah stamina untuk sumber energi bekerja mengolah lahan, sehingga menghasilkan bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menikmati Legitnya Leumang Bersama Boh Manok Kocok Kopi Khas Aceh


Boh Manok Kocok Kopi yang disajikan di pedalaman Pidie, yakni di Desa Lameue, Kecamatan Sakti, memiliki aroma harum kopi Aceh, dan rasa legit yang dihasilkan dari kuning telur yang dikocong. Boh Manok Kocok Kopi sendiri, memiliki arti telur kocok campur kopi.

(Baca juga: Wanita Cantik Sembunyikan Sabu Dalam Bra Ditangkap di Hang Nadim )

Minuman khas ini, di Desa Lameue, disajikan dengan potongan Leumang yang merupakan campuran dari ketan, santan, dan durian. Bisa dibayangkan, begitu nikmatnya menyantap Leumang yang berasa manis, legit, dan gurih, dengan Boh Manok Kocok Kopi.

"Kalau di tempat lain, Leumang biasanya disajikan dengan selai yang rasanya manis. Sementara di sini dinikmati dengan Boh Manok Kocok Kopi," ujar Khatijah, pemilik warung yang menyajikan Boh Manok Kocok Kopi dan Leumang di Desa Lameue.

Menikmati Legitnya Leumang Bersama Boh Manok Kocok Kopi Khas Aceh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)