Kapal Banawa 109, Jemput 20 Warga Lembata di Flotim

Jum'at, 22 Mei 2020 - 12:19 WIB
loading...
Kapal Banawa 109, Jemput 20 Warga Lembata di Flotim
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lembata menjemput 20 warga Lembata yang tertahan di Kabupaten Flotim, setelah diberlakukan penutupan pelayaran angkut penumpang
A A A
LEWOLEBA - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menjemput 20 warga yang tertahan di Kabupaten Flotim, setelah diberlakukan penutupan pelayaran angkut penumpang oleh Pemda Lembata sejak 14 April 2020 lalu.

Pemkab Lembata melakukan penjemputan 20 warga di Pelabuhan Laut Larantuka Kabupaten Flores Timur menggunakan kapal milik Pemda Banawa 109 GT 34 No 1761/MP. Kapal yang dinahkodai oleh Fery Dasilva dan Juru Mesin Andri Ruing itu bertolak meninggalkan pelabuhan laut Lewoleba pukul 09:10 pada Jumat (22/5/20).

Apol Mayan selaku Ketua Karantina gugus tugas saat memimpin rapat penguatan kepada tim penjemput mengatakan warga Lembata yang tertahan di Kabupaten Flotim ini sebanyak 20 orang sesuai data yang pihaknya miliki.

Dia menambahkan bahwa 20 warga Lembata itu, saat tiba di Pelabuhan Laut Lewoeba, petugas tidak mengizinkan mereka pulang ke rumah masing-masing. Namun akan dilakukan observasi di rumah karantina selama 2-3 hari.

"Meskipun sebelumnya telah dilakukan tes cepat COVID-19 oleh tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Flores Timur yang menunjukan hasilnya negatif," jelas Apol.

Apol menegaskan, warga Lembata yang baru tiba ini ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP), kendati hasil pemeriksaan tes cepat negatif. Mereka sudah masuk kategori ODP dan wajib melakukan isolasi mandiri, karena berasal dari daerah terpapar.

Pantauan tim Kominfo, tim yang menjemput warga ini terdiri dari Danposal Letda Laut, Pol Laut, Kasat Pol PP Markus Lela Udak, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Dokter Hewan Matias Kurniawan Beyen, Tim Medis dan awak media.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2984 seconds (0.1#10.140)