43 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Jenis Sinovac Segera Dibuat

Jum'at, 26 Maret 2021 - 13:25 WIB
loading...
43 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Jenis Sinovac Segera Dibuat
Bio Farma segera memproduksi 43 juta dosis vaksin Covid019 jenis Sinovac. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Indonesia kembali kedatangan 16 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac dalam bentuk bahan baku (bulk). Kedatangan vaksin tahap ketujuh ini menjadikan total 53,5 juta vaksin Sinovac yang telah diperoleh pemerintah. Bio Farma selaku penanggungjawab produksi dan distribusi vaksin langsung bergerak cepat dalam mengolah bahan baku menjadi vaksin jadi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi dari Bio Farma , Bambang Heriyanto, mengungkapkan 53,5 juta dosis vaksin mentah itu akan diolah menjadi 43 juta dosis vaksin jadi. "Dari total 53,5 juta dosis ini diperkirakan akan menjadi 43 juta dosis karena ada waste test, " ucap dia, dalam Dialog Produktif bertema Vaksin Datang Lagi,Pemerintah Percepat Vaksinasi yang diselenggarakan KPCPEN dan disiarkan di FMB9ID_IKP, Kamis (25/3) kemarin.

Bambang menegaskan Bio Farma berkomitmen mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19 melalui pemenuhan kebutuhan akan ketersediaan vaksin virus korona. Sehingga kebutuhan vaksin Covid-19 bagi 181 juta pendudukIndonesia dapat terpenuhi seutuhnya.



"Sejak kedatangan vaksin bulk pertama, kita sudah memulai proses produksi dan sampai hari ini sudah menjadi 24 batch atau sekitar 24 juta dosis dan sudah didistribusikan sebanyak 17 juta dosis. Datangnya 16 juta dosis hari ini akan memperpanjang proses produksi vaksin Covid-19 ini nanti,” ujar Bambang.

Bambang mengimbuhkan adanya waste taste dalam proses produksi bahan bakuvaksin menjadi vaksin jadi memang lumrah. Sehingga tidak aneh apabila jumlah bahan baku yang masuk dan jumlah vaksin yang diproduksi berkurang beberapa persen.

Juru Bicara Pemerintahuntuk Vaksinasi dari Badan POM, Lucia Rizka Andalusia, menambahkan proses lanjutan atas vaksin menjadi domainnya untuk menguji sebelum didistribusikan. Disebutnya pemeriksaan berkelanjutan dilakukan pada setiap batch karena vaksin ini memang produk berisiko tinggi.

"Itukarena sifatnya tidak stabil sehingga perlu kita perlakukan sangat hati-hati. Perlu diketahui pula bahwa setiap batch vaksin mendapatkan sertifikat pelepasan (certificate of release), maknanya bahwa vaksin tersebut sudah dicek kembali oleh Badan POM untuk menjaga mutunya,” tuturnya.

“Sampai saat ini tidak ada kendala berarti pada proses pengujian hingga pemberian sertifikat pelepasan ini. Kita sudah mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk memberikan percepatanrilis vaksin- vaksin Covid-19 ini,” sambung Lucia.

Bio Farma sendiri diketahui telah mendistribusikan vaksin jenis Sinovac ke 34 provinsi se-Indonesia. Dalam penyaluran itu, jalur distribusi Badan POM ikut terlibat, baik di tingkat provinsi hingga tingkat kabupaten/kota.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2615 seconds (0.1#10.140)