Pasien Positif Corona di Salatiga Bertambah Satu Orang

Sabtu, 18 April 2020 - 16:16 WIB
loading...
Pasien Positif Corona di Salatiga Bertambah Satu Orang
Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Salatiga Siti Zuraidah. Foto/Dok.SINDOnews/Angga Rosa
A A A
SALATIGA - Pasien positif virus corona (Covid-19) di Salatiga bertambah satu orang. Hingga Sabtu (18/4/2020) siang, jumlah total pasien positif covid-19 menjadi empat orang. Mereka dirawat intensif di RSPAW Salatiga.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto menjelaskan, pasien positif corona yang baru ini, merupakan merupakan anggota keluarga pasien postif kasus tiga. "Tambahan dari keluarga yang terakhir positif (corona) kemarin," kata Yuliyanto, Sabtu (18/4/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga Siri Zuraidah menjelaskan, pasien positif corona kasus empat ini sebelumnya berstatus orang dalam pengawasan (ODP) covid-19. "Setelah dilakukan pemeriksaan spesimen di labotarurium hasilnya terkonfirmasi positif," katanya.

Siti Zuraidah menyebutkan, pasien positif corona kasus empat ini berjenis kelamin perempuan. Pasien tersebut merupakan anak dari pasien positif corona kasus tiga.

Sementara itu, jumlah orang tanpa gejala (OTG) virus corona di Salatiga naik tajam. Pada Jumat (18/4/2020) jumlah OTG tercatat sebanyak 81 orang. Berdasarkan data dari DKK Salatiga, hari ini ada penambahan OTG sebanyak 85 orang atau menjadi 166 orang.

Menurut Siti Zuraidah, puluhan orang OTG baru ini memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif corona kasus tiga dan empat. "Berdasarkan hasil tracing jejak aktivitas perjalanan dan kontak, pasien positif corona kasus tiga dan empat ditemukan ada 85 orang OTG. Kami masih terus menelusuri jejak aktivitas perjalanan dan kontak, pasien positif corona kasus tiga dan empat," ujarnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat tidak ke luar rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Kalau harus ke luar rumah masyarakat diminta memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain karena banyak OTG yang berpeluang menularkan virus corona.

"Ada kemungkinan banyak OTG di antara kita saat berada di luar rumah. Para OTG tidak sakit tapi berpeluang menularkan virus. Karena itu, masyarakat saya minta stay at home, jaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun dan kenakan masker saat berada di luar rumah," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3563 seconds (0.1#10.140)