Kasus Jambret Resahkan Warga,2 Pelaku Diringkus Tim Opsnal Brimob NTB

loading...
Kasus Jambret Resahkan Warga,2 Pelaku Diringkus Tim Opsnal Brimob NTB
Tim Opsnal Brimob NTB saat mengamankan dua pelaku jambret PTS dan FH di Mako 3 Batalyon C Pelopor Bima, sebelum diserahkan ke Mapolsek Lambu. Foto/Edy
BIMA - Dua pelaku yang merupakan komplotan jambret berhasil diringkus oleh Tim Opsnal Brimobda Nusa Tenggara Barat (NTB), di dua tempat yang berbeda di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima pada Sabtu (06/03/2021).

Kedua pelaku yang diketahui memiliki peran yang berbeda ini yakni PTS (25) dan FH (31), warga Dusun Kawinda, Desa Sangga, Kecamatan Lambu, Bima-NTB.

Dari data kepolisian, PTS kerap melakukan aksinya di sejumlah titik wilayah hukum Polres Bima Kota dan wilayah hukum Polres Bima Kabupaten.

Barang hasil jambret dari pelaku PTS, diserahkan pada pelaku FH yang merupakan penadah, untuk dijual dengan harga yang telah disepakati.

"PTS kami ringkus saat sedang berjalan samping rumahnya. Dari pengembangan pelaku pertama, kemudian FH diamankan saat duduk di rumah temannya," kata Kanit Resmob Batalyon C Bima, Bripka Ardi Baron Bayuseno, usia melakukan penangkapan pada Sabtu (06/03/2021) sore.



Sebelumnya, Tim Opsnal Brimobda NTB telah mendapatkan informasi akan keberadaan para pelaku yang kerap meresahkan warga tersebut.

Guna mengungkap cepat kasus Curat, Curas, Curanmor (3C), Tim Opsnal langsung diperintahkan oleh Kasi Intel Satbrimobda NTB, AKP I. GB. Eka Prasetia dan mendapat arahan dari Danyon Batalyon C pelopor, Kompol Hariyanto, untuk segera beraksi.

"Dari hasil penyelidikan para pelaku dilapangan, kami berhasil mengamankan Barang Bukti (BB) hasil Curas, satu unit Handphone merek Vivo warna biru yang sudah dijual ke warga Desa Rai Oi dengan harga Rp 850 ribu. Dan BB yang tersebut, telah ada laporan polisi dengan Nomor 27/III/2021/SEK LAMBU,"ungkap Ardi.

Menurut Ardi, diakui para pelaku bahwa uang hasil jualan barang jambretannya itu digunakan untuk membeli barang haram lainnya seperti sabu, minuman keras dan sebagian dipergunakan untuk belanja kebutuhan pribadi.

Guna dilakukan pengembangan atas kejahatan 3C di wilayah Bima, dua orang pelaku berikut Barang Bukti langsung diamankan ke Kompi 3 Batalyon C Pelopor Bima untuk diinterogasi.



Baca juga: Tiba di Biak, TNI-Polri Kawal Sekoli Vaksin Sinovac

Dari hasil interogasi sementara, Tim Opsnal Brimob telah mendapat sejumlah nama lainnya yang kerap melakukan aksi kejahatan yang sama di wilayah hukum Polres Bima Kota dan wilayah hukum Polres Bima Kabupaten-NTB.

"Tim Opsnal Brimobda telah mengantongi identitas pelaku lainnya yang kerap beraksi meresahkan warga. Saat ini, sedang kami dalami sembari akan melakukan pengejaran pada pelaku yang namanya sudah jelas masuk dalam target operasi," tegasnya.

Baca juga: Genangan Banjir, Banyak Kendaraan di Padang Terjebak dan Mogok

Setelah berhasil mengungkap, dua orang pelaku yaitu PTS dan FH bersama Barang Bukti Handphone, diserahkan ke Polsek Lambu pada Sabtu malam sekitar pukul 21.30 wita, untuk ditindaklanjuti proses hukum atas laporan warga yang telah menjadi korban penjambretan.
(boy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top