Kabar Gembira, Kapenewonan Kalasan Keluar dari Zona Merah COVID-19

loading...
Kabar Gembira, Kapenewonan Kalasan Keluar dari Zona Merah COVID-19
Peta epidemologi COVID-19 Sleman per 27 Februari 2021. Foto/Dok Humas Pemkab Sleman
SLEMAN - Kapanewonan di Sleman saat ini sudah tidak ada lagi yang masuk zona merah COVID-19 . Kepastian ini setelah Kapanewonan Kalasan yang tadinya zone merah menjadi zona orange.

Dengan perubahan tersebut dari 17 kapenewonan di Sleman, 11 kapenewonan masuk zona kuning (tingkat penularan COVID-19 rendah) dan 6 kapanewonan masuk zona orange (tingkat penularan COVID-19 sedang). Sleman, per 27 Februari 2021 masuk kategori zona kuning.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan, perubahan tersebut berdasarkan tingkat angka penularan.

Untuk angka penularan ini dipengaruhi tiga parameter, yakni kasus positif, kasus sembuh dan kasus kematian sehingga dapat diketahui berapa angka penularannya.

“Dari tiga parameter tersebut kepewonan Kalasan angka penularannya di bawah angka 1, yaitu 0,24 atau dapat dikontrol sehingga yang tadinya merah menjadi orange,” kata Joko, Jumat (5/3/2021).



Selain itu, tiga kapenewonan juga ada perubahan status dari orange menjadi kuning dan satu kapenewonan dari kuning menjadi orange.

Tiga kapenewonan yang berubah dari orange ke kuning, yakni Berbah, Godean dan Tempel. Sedangkan satu kapenewonan yang berubah dari zona kuning dan orange yaitu Kapenewonan Pakem.

“Adanya perubahan itu, karena ada peningkatan angka penularan COVID-19, namun masih di bawah angka 1,” paparnya.

Joko menjelaskan, untuk status ini akan berubah setelah berlangung selama 14 hari. Apakah angka tetap atau ada perubahan.

Jika tetap di bawah angka 1, maka yang tadinya orange akan menjadi kuning dan bila kondisi itu tetap dipertahanakan, maka yang tadinya zone kuning menjadi zona hijau dan seterunya.



Baca juga: Masa Pandemi, Riset dan Inovasi Harus Bisa Produksi Formula Khusus untuk Atasi COVID-19

“Untuk itu akan terus dilakukan intervensi sehingga angka penularan bisa di bawah angka satu dan Sleman akan masuk zona hijau,” paparnya.

Secara akumulasi kasius COVID di Sleman, Jumat (5/3/2021) hingga pukul 12.30 WIB, terkonfirmasi ada 10.357 kasus.

Baca juga: Merapi Kembali Semburkan Wedus Gembel Tiga Kali Jarak Luncur 1,5 Km

Rinciannya dirawat 807 orang, sembuh 9.276 orang dan meninggal 274 orang. Dari jumlah ini, yang bergejala 4.933 orang dan tanpa gejala 5.424 orang.
(boy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top