Pasuruan Masuk Zona Merah Pilkada Imbas Mobil Gus Mujib Dilempari Batu

Kamis, 05 September 2024 - 19:38 WIB
loading...
Pasuruan Masuk Zona...
Wakaopsda Mantap Praja Semeru 2024 Polda Jatim, Kombes Pol Suryo Sudarmadi usai diskusi Strategi Polri Dalam Rangka Pengamanan Pilkada, Kamis (5/9/2024). Foto/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Pasuruan dan lima wilayah di Jawa Timur masuk kategori rawan keamanan selama Pilkada 2024. Wilayah lainnya yakni Lumajang, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

"Jadi beberapa daerah empat di Madura, Sampang, Bangkalan, Pamekasan, dan Sumenep, itu daerah rawan, daerah rawan, terus Lumajang dan Pasuruan," kata Wakaopsda Mantap Praja Semeru 2024 Polda Jawa Timur, Kombes Pol Suryo Sudarmadi usai diskusi publik bertemakan 'Strategi Polri Dalam Rangka Pengamanan Pilkada' di Kota Malang, Kamis (5/9/2024).



Dia mencontohkan di Madura bila pemilihan kepala desa (Pilkades) saja bisa berujung konflik dan mengganggu stabilitas keamanan, apalagi ketika Pilihan Bupati (Pilbup).

Oleh karena itu, pihaknya berupaya menggandeng tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk menyosialisasikan Pilkada yang damai dan kondusif.



"Kami tentunya sekarang ini meningkatkan patroli. Kemudian memberikan sosialisasi kepada tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama yang ada di situ, untuk dalam apa program cooling system, itu untuk mencegah terjadinya kerawanan-kerawanan yang disampaikan," papar pria yang juga Dansatgas Brimob Polda Jatim ini.

Pihaknya pun juga telah menyiapkan skema pengamanan kepada para calon kepala daerah, ketika ditetapkan oleh KPU. Penjagaan disebutnya melekat ada dua orang dari Polda Jawa Timur, dan empat orang pengawal pribadi (Walpri).



"Untuk penjagaan paslon kami ada apa siapkan untuk cagub itu dari siapa dari Polda ADC 2 Walpri empat. Kemudian ada beberapa item itu ada 19 personel di setiap paslonnya, kemudian di kabupaten maupun kota pemilihan bupati maupun wali kota juga disiapkan, sejumlah yang sama tetapi yang dipakai adalah anggota Polres," terangnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)