176 Mobil Mewah Hiasi Rumah-rumah di Desa Miliarder, Warga Juga Investasi Reksadana

Kamis, 18 Februari 2021 - 19:46 WIB
loading...
176 Mobil Mewah Hiasi Rumah-rumah di Desa Miliarder, Warga Juga Investasi Reksadana
Pembangunan kilang minyak Grass Roat Refinery (GRR) di Kabupaten Tuban, berdampak besar terhadap warga yang lahannya tergusur. Foto/iNews TV/Pipet Wibawanto
A A A
TUBAN - Pembangunan kilang minyak Grass Roat Refinery (GRR) di Kabupaten Tuban, bakal menjadi mega proyek di pesisir utara Jawa Timur. Ratusan hektare tanah milik warga setempat, sudah diborong PT Pertamina, untuk mewujudkan proyek tersebut.



Penduduk di Desa Sumur Geneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, yang menjadi ring satu pembangunan GRR, yang sehari-hari berprofesi sebagai petani, kini mendadak menjadi miliarder setelah tanahnya dibebaskan untuk proyek tersebut.



Setelah menerima pembayaran pembebasan lahan dari PT Pertamina, untuk pembangunan mega proyek tersebut, desa yang selama ini hening tiba-tiba heboh dengan aksi borong mobil mewah baru oleh warga desa.



Bukan hanya konsumtif untuk beli mobil. Warga desa tersebut, ternyata juga sadar telah kehilangan lahan pertanian yang selama ini menjadi mata pencahariannya. Mereka mencoba menggunakan uang yang diterima untuk investasi, berwirausaha, dan biaya pendidikan anak.

Salah seorang warga Desa Sumur Geneng, Cholikah mengaku mendapatkan ganti pembebasan lahan untuk pembangunan kilang minyak, sekitar Rp4,5 miliar. "Uangnya saya pakai untuk modal pengembangan usaha mebel," tuturnya.



Selain itu, dia mengaku memanfaatkan dana yang diperolehnya untuk investasi reksadana , dan dana cadangan untuk biaya pendidikan anak hingga ke perguruan tinggi. "Kalau mobil, saya beli sesuai kebutuhan saja," terangnya.

Dalam pembangunan kilang minyak GRR ini, PT Pertamina membutuhkan luasan lahan sekitar 1.050 hektare, sehingga untuk memenuhi kebutuhan lahan itu sebagian besar menggunakan tanah warga yang kini telah dibebaskan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)