176 Mobil Mewah Hiasi Rumah-rumah di Desa Miliarder, Warga Juga Investasi Reksadana

loading...
176 Mobil Mewah Hiasi Rumah-rumah di Desa Miliarder, Warga Juga Investasi Reksadana
Pembangunan kilang minyak Grass Roat Refinery (GRR) di Kabupaten Tuban, berdampak besar terhadap warga yang lahannya tergusur. Foto/iNews TV/Pipet Wibawanto
TUBAN - Pembangunan kilang minyak Grass Roat Refinery (GRR) di Kabupaten Tuban, bakal menjadi mega proyek di pesisir utara Jawa Timur. Ratusan hektare tanah milik warga setempat, sudah diborong PT Pertamina, untuk mewujudkan proyek tersebut.

Baca juga: Warga Sedesa di Tuban Borong Mobil Baru, Ini Kegembiraan Wantono Dapat Rp24 Miliar

Penduduk di Desa Sumur Geneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, yang menjadi ring satu pembangunan GRR, yang sehari-hari berprofesi sebagai petani, kini mendadak menjadi miliarder setelah tanahnya dibebaskan untuk proyek tersebut.





Setelah menerima pembayaran pembebasan lahan dari PT Pertamina, untuk pembangunan mega proyek tersebut, desa yang selama ini hening tiba-tiba heboh dengan aksi borong mobil mewah baru oleh warga desa.

Baca juga: Kapolsek Cantik dan 11 Anggotanya Ditangkap Saat Pesta Sabu, Polsek Astanaanyar Lengang

Bukan hanya konsumtif untuk beli mobil. Warga desa tersebut, ternyata juga sadar telah kehilangan lahan pertanian yang selama ini menjadi mata pencahariannya. Mereka mencoba menggunakan uang yang diterima untuk investasi, berwirausaha, dan biaya pendidikan anak.



Salah seorang warga Desa Sumur Geneng, Cholikah mengaku mendapatkan ganti pembebasan lahan untuk pembangunan kilang minyak, sekitar Rp4,5 miliar. "Uangnya saya pakai untuk modal pengembangan usaha mebel," tuturnya.

Baca juga: Gugatan di MK Gugur, Hari Ini Bobby Nasution Ditetapkan Jadi Wali Kota Medan Terpilih

Selain itu, dia mengaku memanfaatkan dana yang diperolehnya untuk investasi reksadana , dan dana cadangan untuk biaya pendidikan anak hingga ke perguruan tinggi. "Kalau mobil, saya beli sesuai kebutuhan saja," terangnya.

Dalam pembangunan kilang minyak GRR ini, PT Pertamina membutuhkan luasan lahan sekitar 1.050 hektare, sehingga untuk memenuhi kebutuhan lahan itu sebagian besar menggunakan tanah warga yang kini telah dibebaskan.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top