Gubernur Nova Gound Breaking Peningkatan Jalan Aceh Selatan dan Singkil

Kamis, 04 Februari 2021 - 21:07 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Plt. Kepala Dinas PUPR Aceh Mawardi dalam penjelasannya di hadapan Gubernur menjelaskan, peningkatan Jalan Trumon – Batas Singkil (Segmen I) dilaksanakan oleh PT. Wirataco Mitra Mulia dengan nilai kontrak Rp. 129,4 Milyar.

Panjang ruas jalan tersebut yaitu 36,60 Km, dimana sepanjang 25 Km akan dilakukan penanganan AC-BC. Sedangkan sisanya sepanjang 11,6 Km dengan kondisi perkerasan saat ini akan dilaksanakan pengaspalan AC-WC.

Selanjutnya, peningkatan Jalan Trumon – Batas Singkil (Segmen II), dilaksanakan oleh PT. Sapta Unggul dengan nilai kontrak Rp. 120,9 Milyar. "Panjang ruas jalan 16,65 Km, dengan kondisi permukaan jalan masih tanah dasar dan akan dilakukan pengaspalan dengan project multiyears ini," ujarnya.

Kemudian, peningkatan Jalan Batas Aceh Selatan – Kuala Baru – Singkil - Telaga Bakti yang dilaksanakan oleh PT. Pirimbilo Permai dengan nilai kontrak Rp. 68,9 Milyar. Panjang ruas jalan tersebut yakni 42,00 Km, dengan kondisi yang sudah teraspal sepanjang 24,25 km (AC-BC).

"Sisa yang belum teraspal sepanjang 17,75 km (tanah dasar) akan dilaksanakan pengaspalan dengan project multiyears ini sepanjang 8,50 km, sedangkan sisa sepanjang 9,25 Km hanya dilakukan penanganan dengan perkerasan Urugan Pilihan. Pengaspalannya akan diupayakan dalam anggaran di masa mendatang," sebut Mawardi.

Ucapkan Terimakasih
Keuchik Gampong Raket, Kecamatan Trumon, Aceh Selatan, M. Zakir, yang hadir menyaksikan kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Selatan atas pembamgunan jalan di kawasan tersebut.

Keberadaan jalan itu, kata M. Zakir, sangat strategis bagi warga yang hidup di pedalaman itu. "Kalau jalan ini bisa tembus ke Singkil, ekonomi kami akan maju, apapun yang kami usahakan tidak terantar lagi," ujar M. Zakir.

Ia menyebutkan, selama beberapa tahun lalu masyarakat di kawasan itu sangat terkendala dalam mengangkut hasil perkebunan dan pertanian mereka lantaran jalan yang belum selesai dibangun.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto menjelaskan, ground breaking peningkatan sejumlah ruas jalan juga telah dilakukan Gubernur Nova di dua kabupaten lainnya dalam dua hari terakhir.

Pertama, ground breaking dua ruas jalan dan irigasi yang menggunakan skema kontrak multiyears di Kabupaten Simeulue pada Selasa (2/2/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)