RSUD Andi Makkasau Tambah Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Rabu, 06 Januari 2021 - 15:42 WIB
loading...
RSUD Andi Makkasau Tambah Ruang Isolasi Pasien Covid-19
Suasana di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau. Foto: Istimewa
A A A
PAREPARE - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, menambah ruang isolasi untuk layanan pasien Covid-19.

Hal itu dilakukan karena jumlah pasien yang positif terpapar virus Covid-19 di Kota Parepare terus bertambah, termasuk pasien dari beberapa daerah dirujuk ke rumah sakit plat merah ini.

Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Renny Anggraeni Sari mengatakan, lonjakan pasien yang terpapar Corona, membuat kapasitas ruang isolasi yang ada di rumah sakit bertipe B tersebut, harus ikut ditambah.



"Sebelumnya hanya 36 tempat tidur. Kita tambah menjadi 53 tempat. Namun jumlah pasien Covid-19 terus bertambah, sehingga kapasitas itu kita tambah lagi menjadi 69 tempat tidur," kata Renny, Rabu (06/01/2021).

Dari 63 fasilitas tempat tidur bagi pasien Covid-19 , enam lainnya disiapkan layanan Intensive Care Unit (ICU), yang merupakan ruang khusus untuk pasien krisis yang memerlukan perawatan intensif dan observasi berkelanjutan, khusus pasien Covid-19.

Tidak menutup kemungkinan, tambah Renny lagi, jumlah tempat tidur bagi pasien Corona di rumah sakit rujukan tersebut, sewaktu-waktu bisa bertambah jika angka pasien yang terpapar Covid-19 terus bertambah.

"Tentu akan dilakukan penambahan jika terjadi potensi peningkatan pasien. Terlebih, yang dirawat sebagian besar warga Parepare ,” ujarnya.



Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengatakan, pihaknya mewacanakan untuk memberdayakan hotel-hotel yang ada di Parepare sebagai tempat isoalsi bagi pasien Covid-19 yang tanpa gejala.

“Sedang kami bicarakan dengan Tim Gugus. Kita lihat, apakah hotel-hotel di daerah kita memungkinkan untuk itu, jika terjadi ledakan kasus. Pasien tanpa gejala kita Covid-19 wisatakan sementara yang perlu penanganan seirus tetap dirawat di rumah sakit,” tandasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2073 seconds (0.1#10.140)