Puluhan Pasien Gangguan Jiwa di RSKD Makassar Positif Covid-19

Sabtu, 02 Januari 2021 - 19:06 WIB
loading...
A A A
"Kami selalu memproteksi pasien ODGJ secara maksimal. Mungkin saja ada pasien yang membawanya. Nanti pada Desember saya kaget kok banyak pasien yang terdeteksi positif," ujarnya.

Untuk pasien jiwa yang dirawat di RSKD , sebut dia, tercatat 200 orang pasien, 80 di antaranya terpapar. Saat ini pasien yang sudah terkonfirmasi sudah menjalani serangkaian pemeriksaan dan dipisahkan dengan pasien jiwa lainnya agar penularan tidak meluas.

Mereka kata dia, dirawat di ruangan khusus. Pasien jiwa yang terpapar tersebut masuk kategori orang tanpa gejala (OTG). Usianya rata-rata diatas 40 tahun. Pasien ini pun tidak mempedulikan terserang virus itu, dan tetap berperilaku seperti biasa.

"Mereka tidak mempedulikan itu. berbeda dengan orang biasa, kebanyakan mereka stress, seolah-olah mau mati padahal masih bisa disembuhkan," ucapnya.



Sementara untuk tenaga medis dan seluruh petugas Covid-19 yang menangani pasien baik ODGJ dan non ODGJ, serta pasien Covid-19 lainnya di RSKD , tambah dia, selalu dipantau dan rutin menjalani pemeriksaan, sehingga bila ada terkonfimasi langsung ditangani.

Berdasarkan data Gugus Tugas percepatan dan penanganan Covid-19 Sulsel per tanggal 1 Januari 2021, kejadian kasus baru tercatat 550 kasus, dari jumlah 3.090 spesimen yang diperiksa, dengan angka reproduksi (Rt) 1,02. Jumlah daerah tertinggi masih didominasi Kota Makassar dengan 299 kasus, disusul Kabupaten Bulukumba 67 kasus, Gowa 54 kasus dan Luwu Utara 32 kasus.
(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)