Sulsel Bersiap Sambut Vaksinasi Pada Bulan Januari Ini

Sabtu, 02 Januari 2021 - 07:41 WIB
loading...
A A A
Di Sulsel sendiri, kata Ichsan, simulasi vaksinasi Covid-19 juga terus dimatangkan. Sebelumnya pihaknya juga sudah melatih sekira 1.099 tenaga menjadi vaksinator.

Di samping itu, Dinkes Sulsel sudah mengusulkan penambahan fasilitas cold room. Wadah penyimpanan vaksin. Pasalnya, pihaknya baru memiliki fasilitas kesehatan yang dimaksud. Selain hal tersebut, penyiapan data klinis disebutkan menjadi bagian penting dalam program vaksin.

"Data klinis itu seperti puskesmasnya, fasilitas kesehatan, vaksinator yang akan memberikan vaksin. Itu semua sementara didata sekarang," tandas Ichsan.

Walaupun vaksin Covid-19 menjadi alternafit yang paling dinantikan untuk mengatasi penularan virus korona, Ichsan mengimbau masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Apalagi laju penularan masih cenderung fluktuatif. Berdasarkan data Dinkes Sulsel, terdapat penambahan kasus baru positif Covid-19 sebanyak 550 orang sejak kemarin. Selain itu adapula penambahan pasien sembuh 505 orang dan penambahan meninggal 5 pasien.



Dengam begitu akumulasi kasus Covid-19 hingga per tanggal 1 Januari 2020 dilaporkan telah mencapai 31.597 orang. Namun 27.321 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh, dan 599 orang meninggal. Sementara posisi angka reproduksi efektif (Rt) 1,02.

Memasuki awal tahun 2021, lanjut Ichsan, pemerintah juga masih gencar melakukan tracing, hingga testing masif. Sekaligus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya prokes.

"Saya kira penguatan kita juga itu pada bagaimanan agar kita membatasi dulu sedapat mungkin pergerakan orang. Sehingga tentu penyebaran virus bisa kita tekan. Kedua tekait tentang pelaksanaan protokol kesehatan oleh masyarakat," urai dia.
(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)