Gereja Kepanjen, Rose Window Berpadu Kaca Mozaik, Pernah Hancur saat Battle of Surabaya

Jum'at, 25 Desember 2020 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Arsitektur kawakan Belanda yang bernama W Westmaas mengoreskan karyanya yang mewah dengan pilar tinggi dan pondasi kayu. Besarnya bangunan gereja membuatnya mampu menampung 3.000 jemaat. Kiblat Gereka Kepanjen mempunyai kemiripan dengan Gereja Jean Baptiste Antoine, Lassus, St. Jean Baptiste de Belleville, Paris.

Sebelumnya, sebuah gereja sempat didirikan di daerah Roomsche Kerkstraat atau yang saat ini dikenal dengan Jalan Cendrawasih. Namun, karena adanya rencana pembuatan jalan di Surabaya, gereja ini akhirnya dibongkar, dipindahkan, dan diubah namanya menjadi Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria.
Gereja Kepanjen, Rose Window Berpadu Kaca Mozaik, Pernah Hancur saat Battle of Surabaya

Kemunculan gereja yang besar memang menjadi sebuah bentuk persembahan pada Santa Perawan Maria. Selain sebagai rumah ibadah, gereja ini juga sempat digunakan sebagai rumah sakit darurat dan rumah pastoran yang bertugas waktu itu. Di era penjajahan Belanda, banyak warga yang berjatuhan di tengah gempita perang.

Kubah dan pilar-pilar megah di bagian dalam dan luar gereja menembus jarak ketika mata memandang. Pilar berwarna putih kokoh ini langsung menyambut pada bagian depan gereja. Warna putih pilar bertemu dengan warna merah alami batu bata, semakin memberikan kesan klasik dan elegan pada bangunan ini.

Pada bagian dalam gereja juga terdapat pilar pilar tinggi berlapis warna putih dan keemasan, yang melengkung, membentuk kubah hingga ke bagian langit-langit gereja. Pemandangan yang sangat khas dan memanjakan mata. Menyelimuti imajinasi tentang kemewahan.

Kedipan mata tak akan terlewatkan ketika menyelami gereja ini dengan rose window dan kaca mozaik yang berada di beberapa bagian gereja. Lompatan warna bertarung dalam kemewahan kubah. Rose Window atau jendela berbentuk bundar ini adalah ciri utama dari gaya Neo Gotik serta menegaskan gaya arsitektur Eropa.

Rose Window tak hanya menjadi pelengkap. Estetika dan keindahan yang tersimpan di dalamnya juga memiliki fungsi sebagai penangkal air hujan. Kaca mozaik berwarna warni juga menjadi elemen tambahan yang semakin menambah daya tarik interior gereja ini.

Keindahan kaca mozaik penuh warna di gereja ini dirancang oleh arsitek Indonesia yang bernama Muljono Widjoyosastro. Suasana akan semakin indah dan menakjubkan saat jendela terkena sorotan sinar matahari. Pemandangan yang sulit ditemui di tempat lain.

Ketika berkali-kali menjadi sasaran tempur, Gereja Kepanjen tak bisa musnah. Pondasi gereja yang kuat menjadi salah satu faktornya. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 799 batang kayu galam dari Kalimantan yang menjadi pondasi bangunan ini. Kayu-kayu ini juga berjajar menghiasi bagian langit-langit gereja, yang semakin menambah kesan klasik yang terus terjaga di gereja ini.

Jajaran kursi gereja yang juga terbuat dari kayu membuat keindahan interior gereja ini semakin terasa. Selain itu, kamu juga bisa melihat elemen-elemen dekoratif lain yang membuat gereja ini semakin indah dipandang mata dengan berbagai ornamen.

Battle of Surabaya pada November 1945 tak akan pernah dilupa. Seluruh kota bernaung api dan siasat saling memukul mundur sekutu. Gereja Kepanjen ini sempat menjadi korban dari pertempuran. Kemegahan dan keindahan gereja ini dihancurkan oleh serangan tentara Inggris yang berasal dari sisi laut dan udara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2764 seconds (0.1#10.140)