Pemda KBB Minta TNI-Polri Kawal Pendistribusian JPS Sebelum Lebaran

Rabu, 13 Mei 2020 - 22:38 WIB
loading...
Pemda KBB Minta TNI-Polri Kawal Pendistribusian JPS Sebelum Lebaran
Bupati Aa Umbara bersama Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki dan Dandim 0609 Kota Cimahi Letkol (ARH) Teguh Waluyo menargetkan JPS diterima masyarakat terdampak Covid-19 di KBB sebelum lebaran, Rabu (13/5/2020). Foto/Dok.Humas KBB
A A A
BANDUNG BARAT - Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang terdampak Covid-19 segera dikucurkan dan ditargetkan sebelum lebaran semua sudah tersalurkan.

Guna memuluskan rencana tersebut, Pemda KBB meminta TNI-Polri dari Kodim 0609 dan Polres Cimahi mengawal proses pendistribusian JPS sampai ke tangan penerima. (BACA JUGA: Kios Bensin dan Tambal Ban di Padalarang Terbakar, Satu Orang Tewas )

Bupati Bandung Bara, Aa Umbara Sutisna mengatakan, opsi pengawalan itu menjadi salah satu poin yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan antara Pemkab Bandung Barat, Polres Cimahi dan Kodim 0609.

Bagaimanapun penyaluran JPS berupa sembako harus tepat sasaran dan tidak ada masalah dalam distribusinya. "Saya ingin bantuan sembako bisa diterima masyarakat yang terdampak Covid-19 sebelum lebaran. Ini perlu dukungan semua pihak, makanya kami minta TNI-Polri mengawal bantuan ini," kata Aa Umbara, Rabu (13/5/2020).

Dia menyebutkan, bantuan yang akan didistribusikan tersebut mencapai sekitar 45.000 paket sembako. Karena jumlahnya yang cukup banyak, maka pendistribusian harus secepatnya dilakukan mengingat lebaran sudah hitungan hari.

Sehingga waktu yang tersisa cukup mepet, supaya bantuan sembako itu tiba di tangan penerima. Meski tidak mewah, dirinya berharap bantuan ini bisa meringankan beban warga di masa pandemi Covid-19.

"Mari berdoa agar pandemi ini segera berakhir. Makanya masyarakat juga harus disiplin dalam menjalankan anjuran pemerintah," pintanya. (BACA JUGA: Pemkab Bandung Barat Siapkan Tes Swab untuk 1.131 ODP dan OTG )

Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki menjelaskan, pihaknya akan mengerahkan para Bhabinkamtibmas yang ada di seluruh wilayah KBB. (BACA JUGA: Hindari Penyimpangan Dana COVID-19, Pemkab Bandung Barat Rangkul Kejari )

Mereka adalah orang lapangan yang mengenal kondisi wilayahnya masing-masing. Dia memastikan, akan mengawal pendistribusian bantuan tersebut hingga sampai ke tangan penerima manfaat. "Kami akan kawal pendistribusian bantuan bagi masyarakat agar sampai tepat ke penerima," ujar Yoris.

Hal senada disampikan Dandim 0609 Kota Cimahi Letkol (ARH) Teguh Waluyo yang mengatakan, akan mengerahkan personel Babinsa di daerah untuk melakukan pendampingan pendistribusian bantuan tersebut.

"Selain pengawalan kami juga akan memastikan bantuan tepat sasaran serta akan mengecek jangan sampai ada yang dapat bantuan berlebih," kata Teguh.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2439 seconds (0.1#10.140)