Membara, Hutan Gunung Tangkuban Parahu Hangus Terbakar

Kamis, 05 September 2024 - 18:49 WIB
loading...
Membara, Hutan Gunung...
Kebakaran melanda kawasan hutan Gunung Tangkuban Parahu yang berada di kawasan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Kamis (5/9/2024). Foto/iNews TV/Yuwono Wahyu
A A A
BANDUNG BARAT - Kebakaran melanda kawasan hutan Gunung Tangkuban Parahu yang berada di kawasan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Kamis (5/9/2024).

Petugas kesulitan melakukan pemadaman karena titik api tak bisa ditembus kendaraan. Sehingga pemadaman dilakukan secara manual oleh warga.



Kepulan asap terlihat membumbung tinggi ke langit dari radius sekitar 2 km dari titik lokasi kebakaran hutan di area Gunung Tangkuban Parahu.



Titik api lokasi kebakaran sendiri berada di sisi tebing Gunung Tangkuban Parahu yang masuk ke Desa Sukawana, Kecamatan Parongpong.

Petugas gabungan berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya, di antaranya menggunakan batang pohon. Sementara proses pemadaman dengan air terkendala karena kendaraan tak bisa masuk.

Data BPBD Bandung Barat, luas lahan yang terbakar diperkirakan sekitar 5 hektare yang berbatasan dengan wilayah Subang. Namun sejauh ini kebakaran yang terjadi sejak dinihari kemarin masih terus dilakukan pemadaman okeh ratusan relawan.



Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat, Meidi menjelaskan, hingga kini proses pemadaman masih berlangsung. Akses untuk pendakian Gunung Tangkuban Parahu di sejumlah titik ditutup untuk sementara bagi wisatawan.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3416 seconds (0.1#10.140)