Buah Maja, Identitas dan Histori yang Memudar

Jum'at, 13 November 2020 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Buah maja, nantinya mungkin hanya akan menjadi cerita saja jika tidak ada upaya serius untuk melestarikan. Dan saat inipun, tak banyak siswa sekolah yang mengenal buah maja berikut keterkaitan sejarahnya dengan Majapahit dan Mojokerto.

Pemerhati sejarah di Mojokerto, Wibisono berujar, sejatinya harus ada upaya serius dari pemerintah di Mojokerto untuk ikut melestarikan buah mojo. Karena menurutnya, nama buah ini lekat dengan sejarah dua wilayah administratif tersebut. Setidaknya, seluruh kantor pemerintahan ikut menanam buah ini.

Tak cukup di situ, pemerintah daerah juga wajib memberikan edukasi kepada masyarakat terkait keterikatan sejarah antara buah mojo dan Mojokerto. Juga, terkait dengan detail manfaat buah mojo yang sebenarnya tak banyak masyarakat yang mengetahuinya.

Sebagai identitas daerah, seharusnya buah mojo mudah ditemui dan akrab bagi masyarakatnya. ”Jangan sampai ini buah nantinya musnah dan hanya menjadi cerita saja. Pemerintah daerah dan masyarakat harus ikut andil melestarikannya,” ujar Wibisono.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)