Diduga Pondasi Candi Sebelum Era Majapahit Ditemukan di Langlang

Sabtu, 07 November 2020 - 18:27 WIB
loading...
A A A
Tanga candi diperkirakan ada di Barat Laut, sementara candi diperkirakan menghadap ke Tenggara. Ichwan menyebutkan, tepat di arah tenggara dari lokasi pondasi tersebut terdapat Gunung Semeru, yang diduga menjadi arah menghadapnya candi .

Melihat ukuran batu bata yang rata-rata panjangnya mencapai 40 centimeter (cm), lebar 25 cm, dan tinggi 12 cm, Ichwan memprediksi bangunan ini peninggalan era sebelum Majapahit . Selama ini peninggalan masa Majapahit , rata-rata ukuran batu batanya lebih kecil.

Diduga Pondasi Candi Sebelum Era Majapahit Ditemukan di Langlang


"Untuk memastikannya, batu bata tersebut akan diuji di laboratorium milik Balai Konservasi Borobudur. Nanti salah satu contoh batu bata akan kita bawa, dan kita ujikan untuk memastikan usianya," ungkapnya. (Baca juga: Sebar Hoaks Pasien COVID-19 Tewas Matanya Hilang, 7 Orang Dibekuk Polisi )

Dia belum bisa memastikan peninggalan masa kerajaan apa struktur pondasi candi tersebut, karena wilayah Malang, merupakan wilayah yang memiliki multi masa. Di mana sejak Mataram kuno juga sudah ada peninggalannya di wilayah Malang, salah satunya prasasti di Turen.

Selain itu di Malang, juga pernah ada masa Kanjuruhan, Kadiri, Singhasari, dan Majapahit. Struktur pondasi candi ini, berjarak sekitar 5-6 km dari Candi Singosari, yang diduga menjadi salah satu kompleks pusat kerajaan Singhasari.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)