Segudang Filosofi Rumah Limas di Lembaran Uang Rp10 Ribu

Jum'at, 06 November 2020 - 05:00 WIB
loading...
Segudang Filosofi Rumah Limas di Lembaran Uang Rp10 Ribu
Segudang Filosofi Rumah Limas di Lembaran Uang Rp10 Ribu. Foto/Ist
A A A
PALEMBANG - Semua orang pasti pernah melihat gambar Rumah Limas, bangunan rumah khas asal Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di pecahan uang Rp10 ribu.

Namun, tahukah jika rumah panggung tersebut merupakan rumah yang dilestarikan di Museum Balaputera Dewa yang beralamat di Jalan Srijaya I, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang.

Budayawan Sumsel, Erwan Setia Negara mengatakan, tidak hanya berfungsi sebagai hunian saja, Rumah Limas juga mengajarkan banyak nilai-nilai kehidupan.

Di setiap sudut rumah berbentuk panggung dan beratap limas, terkandung filosofi keseimbangan antara manusia, alam dan Tuhan Yang Maha Esa.

Keunikan dan kekayaan nilai-nilai kehidupan inilah, yang membuat Rumah Limas terpilih menjadi salah satu gambar yang diabadikan di lembaran uang Rp10 ribu yang dicetak pertama kali di tahun 2010 lalu.

Rumah Limas awalnya dibangun sekitar tahun 1830 oleh Kepala Suku Bangsa Arab di masa Kolonial Belanda yang bernama Syarif Abdurrahman Al-Habsy.

Banyak etnis yang terlibat dalam pembangunan Rumah Limas, seperti etnis Melayu, Jawa, Islam hingga Tionghoa.

Namun Rumah Limas yang dibangun di masa Kesultanan Palembang Darussalam tersebut, juga sarat akan nilai-nilai budaya Islam. Seperti atap rumah menyerupai tanduk kambing atau biasa disebut simbar.

"Ada 2 simbar yang melambangkan Adam dan Hawa, 3 simbar berarti matahari, bulan dan bintang, lalu 4 simbar berarti empat sahabat nabi, 5 simbar mengisyaratkan jumlah rukun Islam dan 6 simbar menyimbolkan jumlah rukun iman. Sedangkan di setiap sisi atap Rumah Limas mempunyai kemiringan yang sama yaitu 40-60 derajat," ucapnya kepada SINDOnews, Kamis (05/11/2020).

Tiang-tiang kokoh yang menyangga bagian bawah Rumah Limas pun menggambarkan bagaimana hunian ini beradaptasi dengan kontur daerah Palembang. Di masa lalu, hingga 75 persen kawasan Palembang merupakan rawa atau perairan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)