CHC Hidupkan Kembali Kopi Karst dari Kabupaten Maros

Selasa, 15 September 2020 - 21:10 WIB
loading...
A A A
“Jadi kebun kopi mereka sudah terbengkalai lama sekali. Karena memang harganya sudah tidak menjanjikan lagi. Kami dari komunitas CHC lalu datang untuk memperkenalkan kembali potensi itu ke mereka dan sekarang sudah mulai lagi tertarik,” terangnya.

Selain mengajak warga untuk kembali mengurus tanaman kopi mereka, komunitas CHC juga membeli hasil panen kopi petani di Leang-leang dengan harga yang cukup tinggi, setelah itu mereka mengolahnya menjadi sebuah produk kopi pilhan yang kini cukup banyak diminati oleh penikmat kopi Tanah Air.

“Kami dari CHC ini yang membeli hasil panen mereka dalam bentuk green bean. Lalu kami olah dengan baik hingga menjadi sebuah produk yang saat ini cukup bersaing dengan kopi lain dari Sulsel. Yah selain rasa, narasi kopi karst ini memang menjadi daya tarik tersendiri,” katanya.

Upaya memperkenalkan kembali kopi karst ini sudah dilakukan oleh CHC sejak tahun 2018. Sejauh inipun, para petani kopi sudah mulai menggeliat untuk merawat tanaman kopi mereka yang telah lama ditinggalkan.

Bahkan, CHC juga tengah mempersiapkan bibit tanaman kopi untuk bisa ditanam oleh para petani di wilayah itu.

Sementara itu, salah petani kopi karst, Alimuddin mengatakan, bahwa ia bersyukur karena ada yang ingin membeli kopi di daerahnyadengan harga yang cukup tinggi.



“Dulu tidak ada yang mau urus kopi karena harganya murah sekali, sekarang kami bersyukur karena ada orang yang mau mengembangkannya lagi, dan membeli hasil panen kami dengan harga tinggi,” ucapnya

Petani berharap, agar brand kopi karst yang saat ini tengah digagas oleh komunitas CHC, bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia hingga mancanegara karena keunikannya.

"Semoga nantinya kopi ini bisa bersaing di luar Maros, sehingga bisa memberikan tambahan pendapatan bagi warga yang selama ini hanya mengandalkan pertanian padi dan palawija," tutup Alimuddin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.6086 seconds (0.1#10.140)