Dulu Kumuh, Sekarang Sungai di Manado Jadi Destinasi Wisata Baru

Minggu, 13 September 2020 - 11:07 WIB
loading...
A A A
Saat ini para wisatawan telah beralih mencari wisata alam melalui pelestarian lingkungan dan wisata budaya. Tentunya melalui penataan sungai yang berdampak pada lingkungan menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari wisatawan.

Bantaran sungai yang telah ditata menjadi destinasi wisata baru harus dilengkapi berbagai penunjang pariwisata seperti akses dan identifikasi potensi untuk dipromosikan.

Di samping itu keterlibatan masyarakat menjadi hal yang utama dalam melestarikan dan menjaga destinasi wisata sungai tersebut.
Dulu Kumuh, Sekarang Sungai di Manado Jadi Destinasi Wisata Baru

Untuk mewujudkan semua itu pula dibutuhkan penataan bantaran sungai diawali dengan penerapan, seperti di Jalan Pingkan Matindas Kelurahan Dendengan Dalam. Dengan demikian semua bantaran sungai tertata dan menjadi daya tarik wisata.

“Ini diperlukan komitmen semua komponen terutama masyarakat untuk turut mewujudkan sungai bersih, dan tidak mendirikan bangunan di bantaran sungai. Kami berencana malakukan pembuatan tempat-tempat serupa setiap bantaran, dengan dilengkapi berbagai fasilitas dan taman serta penghijauan lainnya,”kata Ihwan. (Bah! Pemko Medan Kelola Rp30 Triliun tapi Infrastruktur Jalan Masih Hancur)

Beberapa pengunjung mengaku senang melihat kawasan tersebut telah berubah menjadi rapih dan indah. Apalagi setiap sore tak hanya warga yang hendak berfoto tapi kawasan tersebut ramai dengan anak-anak yang menjadikan sungai tersebut menjadi wahana berenang dan bermain.

“Bukan hanya pagi tapi sore juga banyak sekali orang datang ke sini. Mereka penasaran dengan perubahan tempat ini,” kata Lenny dan Fatimah.Cahya Sumirat
(vit)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3359 seconds (0.1#10.140)