Pasar Baru Bandung, Rahim Saudagar Sukses dan Kiblat Busana Muslim

Rabu, 09 September 2020 - 07:03 WIB
loading...
A A A
Berdiri megah di Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Pada 2013, Pasar Baru memberikan variasi baru untuk pengunjung dengan memulai pembangunan tahap kedua.

Pasar Baru Square yang meliputi shopping mall dan Hotel Budget Dafam berlokasi di Jalan Pecinan Lama, depan Pasar Baru Trade Center Bandung. Pada 16 November 2015, Pasar Baru Square dan Hotel Dafam resmi dibuka untuk umum. (Baca juga: Kemendikbud Khawatir Banyak Anak Putus Sekolah Akibat Covid-19)

Kini Pasar Baru Trade Center Bandung dikenal luas, tak hanya di dalam negeri, tetapi juga mancanegara. Tak sedikit wisatawan asal Malaysia dan Singapura sengaja mampir ke Pasar Baru Trade Center untuk membeli produk tekstil dan busana. Konsep Pasar Baru Trade Center ini mirip Pasar Grosir Tanah Abang di Jakarta.

Meski bangunan pasar telah modern, di sekitar Pasar Baru masih terdapat sisa bangunan lama, saksi bisu perkembangan pasar tersebut. Sebagian besar bangunan berada dalam kondisi kurang terawat walaupun masih dipakai oleh pemiliknya sebagai rumah tinggal atau toko.

Di beberapa lokasi masih ditemukan tanda tahun pendirian rumah, plakat nama pemilik rumah, ataupun bentuk bangunan yang menyiratkan masa lalu. Beberapa bangunan itu memiliki gaya arsitektur campuran antara kolonial Belanda, China, dan Islam, terutama di bagian atapnya.

"Dari segi nama, ini (Pasar Baru) adalah pasar yang dibangun untuk menggantikan pasar sebelumnya. Jadi, sebelumnya ada pasar tradisional yang berpusat di sekitar Alun-alun Bandung, namanya Pasar Ciguriang. Tapi terbakar habis dan dikenal sebagai peristiwa huru-hara Munada pada 1842," kata pegiat Komunitas Aleut Ariyono Wahyu Widjajadi.

Menurut lelaki yang akrab disapa Alex ini, Pasar Baru Bandung telah dikenal banyak saudagar dan masyarakat dari berbagai etnis, seperti Sunda, Jawa, Sumatera, China, Arab, India. Mereka campur baur mengadu nasib di pasar ini. Umumnya, masyarakat Kota Bandung kala itu, menyebut para saudagar di Pasar Baru dengan sebutan “orang pasar”. (Baca juga: 9 Cara Mengobati Dosa Dusta dan Ghibah)

Bahkan, ujar dia, dari berbagai literatur silsilah keluarga yang berdagang di Pasar Baru, terdapat keturunan dari istri keempat Pangeran Diponegoro yang ikut berdagang di pasar itu. "Saat kalah Perang Jawa pada 1930, keluarga salah satu Senopati Pangeran Diponegoro melarikan diri dari Demak. Kemudian mereka datang ke Cirebon, ganti identitas, lalu masuk ke Bandung, jualan di Pasar Baru," ujar Alex.

Cerita pesohor lain yang lahir dari Pasar Baru Bandung adalah Arifin Panigoro. Dia adalah keturunan keluarga yang juga berdagang di Pasar Baru. Hingga saat ini, keluarga Arifin Panigoro membentuk Bank Himpunan Saudara (Bank HS).

Popularitas dan kuatnya magnet ekonomi Pasar Baru, juga masih terabadikan hingga kini. Seperti beberapa nama pedagang yang diabadikan menjadi nama jalan di sekitar Pasar Baru Bandung, seperti Jalan H Fahrurozi dan Jalan Abdul Latif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)