Mulai Besok Warga Bisa Daftar Kartu Pra Kerja, Dibuka Selama 4 Hari

Senin, 04 Mei 2020 - 06:25 WIB
loading...
Mulai Besok Warga Bisa Daftar Kartu Pra Kerja, Dibuka Selama 4 Hari
Pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang keempat mulai dibuka pekan ini. Jadwalnya berlangsung selama empat hari mulai tanggal 4 hingga 7 Mei 2020. Foto : SINDOnews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang keempat mulai dibuka pekan ini. Jadwalnya berlangsung selama empat hari mulai besok Senin 4 Mei hingga Kamis, 7 Mei 2020.

"Untuk gabung mulai Senin Sore tanggal 4 Mei sampai dengan Kamis Siang tanggal 7 Mei 2020. Dan pengumuman gelombang keempat pada Jumat tanggal 8 Mei sampai dengan Senin siang 11 Mei 2020," ungkap Koordinator Fungsional Pengantar Kerja Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulsel, Syamsi Alang, kepada SINDOnews.

Dia mengatakan, pendaftaran kartu pra kerja ini dilakukan via online melalui website: prakerja.go.id. Atau dilakukan secara mandiri/perseorangan bagi tiap tenaga kerja yang terdampak Covid-19 di perusahaannya, baik yang dirumahkan atau kena pemutusan hubungan kerja (PHK)

Pendaftaran kartu pra kerja inipun, lanjut Dia dilakukan secara bertahap hampir di tiap pekan. Pengumuman kelulusan peserta yang sudah mendaftar pun demikian. Sembari itu, pemerintah pusat melakukan verifikasi dan validasi data peserta di tiap tahapan pendaftaran.

Syamsi Alang berharap, warga Sulsel utamanya pekerja terdampak bisa memanfaatkan peluang ini. Agar bisa mendapatkan bantuan lewat program kartu prakerja. Hanya saja, Dia belum bisa menjabarkan total pendaftar hingga saat ini. Begitupun dengan yang lulus pada tiga tahap pendaftaran sebelumnya.

Informasi kelulusan, kata Syamsi, akan disampaikan oleh pemerintah pusat dalam hal ini pihak Kementerian Ketenagakerjaan, langsung ke para pendaftar. "Pengumuman lulus dan tidak lulus di HP (handphone) masing-masing pendaftar," jelas Syamsi.

Sebelumnya Kepala Disnakertrans Sulsel, Andi Darmawan Bintang menuturkan, pihaknya sudah meminta pemerintah pusat agar pendaftaran terus dibuka. Sampai kuota penerima kartu prakerja terpenuhi.

"Kita sudah minta di pusat agar pendaftaran kartu prakerja terus dibuka sampai kuota terpenuhi," sebut Wawan.

Diketahui, Sulsel diberikan kuota penerima kartu prakerja sebanyak 158.936 orang. Jumlah ini tergolong besar. Para warga Sulsel, utamanya tenaga kerja yang terdampak, masih berpeluang besar untuk lolos mendapatkan bantuan ini.

Mereka yang lolos, akan mendapat insentif total senilai Rp3.550.000 dengan rincian, bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif usai pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan (untuk 4 bulan), insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survei (3 kali survei) atau total Rp150.000 per peserta.

Baca Juga : Kartu Pra Kerja Disebut Tidak Efektif, Serikat Pekerja Minta Bantuan Tunai
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)