Ratusan Petambak Udang Binaan Pertamina Naik Kelas

Minggu, 30 Agustus 2020 - 13:41 WIB
loading...
A A A
"Dari dana yang digulirkan tersebut, digunakan untuk pengembangan tambak, pembeliaan bibit dan pakan yang dikembangkan oleh Perindo, diikuti dengan berbagai kegiatan pelatihan, pendampingan dari Pertamina dan Perindo untuk meningkatkan produksi udang jenis Vaname yang dikembangkan para petambak," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan kegiatan penebaran pakan hasil produksi Perindo, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas udang maupun hasil produksi sesuai yang diharapkan.

Kerja sama antara Perum Perindo dengan PT Pertamina (Persero) ini merupakan wujud BUMN sebagai agen pembangunan untuk Indonesia. (Baca juga: COVID-19 Meningkat, Jalanan Protokol Kota Lubuklinggau Disemprot Disinfektan)

"Pertamina akan menjalankan komitmen PK ini untuk mendukung kesejahteraan dan kemajuan para petambak. Melalui sertifikasi ini, bahwa Pertamina akan selalu menggandeng para petambak agar semua naik kelas, dan melaui PK yang diberikan akan mendorong petambak udang Bratasena mencapai kemandirian," terang Arya.

Komitmen para petambak udang dalam memenuhi kewajiban menyelesiakan pinjaman kemitraan juga ditandai dengan pengembalian jaminan sertifikat tanah petambak yang telah melunasi pinjamannya. Setidaknya ada 133 petambak yang sudah melunasi pinjaman, sementara sisanya masih dalam proses karena saat ini tengah memasuki tahap panen. (Baca juga: 2 September, Separuh Warga Palembang Tak Dapat Air Bersih)

"Alhamdulillah sudah lunas pinjaman modal dari Pertamina, saya bersyukur dapat suntikan dana ini yang waktu itu kami gunakan untuk beli bibit dan perawatan. Kelancaran usaha tidak lepas dari bimbingan dari para pendamping baik dari Pertamina maupun Perindo," ujar Nur Iswahyudi, salah satu petambak yang telah melunasi pinjaman dana Program Kemitraan sembari berharap petambak lain bisa bergantian mendapatkan pinjaman modal seperti dirinya.
(boy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)