13 Kampus di Pulau Jawa hingga Bali Didorong Berpartisipasi dalam Program DEB

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 15:40 WIB
loading...
13 Kampus di Pulau Jawa...
Dorong partisipasi perguruan tinggi dalam Desa Energi Berdikari, Pertamina Foundation menggelar kegiatan Cross Visit Desa Energi Berdikari Sobat Bumi (DEB SoBI). Foto/Istimewa
A A A
BALIKPAPAN - Dorong partisipasi perguruan tinggi dalam Desa Energi Berdikari, Pertamina Foundation menggelar kegiatan Cross Visit Desa Energi Berdikari Sobat Bumi (DEB SoBI) . Bertempat di Balikpapan, Cross Visit DEB SoBI edisi pertama ini, berlangsung dari tanggal 8-11 Oktober 2024 diikuti oleh 13 mitra perguruan tinggi Beasiswa Pertamina Sobat Bumi yang berasal dari Pulau Jawa hingga Bali.

Kegiatan Cross visit dibuka dengan penguatan pemahaman terkait program Desa Energi Berdikari (DEB) kepada para penerima beasiswa dan mentornya. Direktur Operasi Pertamina Foundation, Yulius S Bulo mengatakan untuk memperluas kebermanfaatan DEB, diinisiasi program DEB SoBI sebagai embrionya yang melibatkan kolaborasi antara perguruan tinggi, perangkat desa, dan local hero dengan mengutamakan poin 4E.



“Pertamina melalui Pertamina Foundation mendorong penerima beasiswa untuk menginisiasi embrio Desa Energi Berdikari yang menekankan pada kolaborasi antara perguruan tinggi, perangkat desa, dan local heroes. Dari tiga ini, perguruan tinggi memegang peran utama dalam menginisiasi lokasi desa yang menjadi desa binaan dan memberikan pendampingan serta keterampilan terkait pemanfaatan energi baru terbarukan kepada masyarakat serta local hero di desa tersebut. Memastikan keberlanjutannya, terdapat empat indikator dampak yang kami tekankan, energy, education, economy, dan environment,” ujar Bulo dalam keterangannya, Sabtu (12/10/2024).

Indikator energi terkait dengan besaran kapasitas terpasang energi baru terbarukan serta adanya kelompok pengelola energi tersebut. Selanjutnya, indikator economi terkait peningkatan pendapatan atau/dan penghematan yang diperoleh sejak awal implementasi program.

Ketiga, indikator edukasi terkait pemahaman masyarakat desa tentang energi bersih dan keterampilannya memanfaatkan potensi ekonomi. Terakhir, indikator lingkungan terkait dampak positif bagi lingkungan dari implementasi program, baik penurunan emisi maupun tingkat pencemaran.

Senada, Senior Officer II CSR PT Pertamina (Persero) Reno Fri Daryanto menambahkan bahwa kunci dari program DEB adalah kolaborasi antar stakeholders untuk kemandirian masyarakat.

“Pertamina telah menghadirkan 85 lebih DEB di berbagai titik di Indonesia dan untuk mewujudkannya Pertamina tidak bekerja sendiri melainkan berkolaborasi dengan masyarakat dan perangkat desa untuk meningkatkan ekonomi dan terwujudnya kemandirian. Kebermanfataan DEB akan semakin meluas dengan keterlibatan perguruan tinggi yang dapat menyediakan keahlian dan keterampilan untuk mengimplementasikan DEB,” ungkap Reno.

Kesiapan perguruan tinggi untuk berkontribusi disampaikan juga oleh Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Prof Dr Agus Rubiyanto, M.Eng. Sc.

“Desa Energi Berdikari menjadi motor penggerak bagi pembangunan ekonomi dan berbagai aspek kehidupan untuk kesejahteraan serta kemandirian masyarakat. DEB mencerminkan komitmen untuk menciptakan desa yang mandiri dalam memenuhi kebutuhan energi dengan tetap mempertahankan prinsip-prinsip berkelanjutan. Kami dari perguruan tinggi, siap untuk berkontribusi di dalamnya lewat penelitian, pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang energi, lingkungan serta pemberdayaannya,” tegas Agus.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)