Ratusan Petambak Udang Binaan Pertamina Naik Kelas

Minggu, 30 Agustus 2020 - 13:41 WIB
loading...
Ratusan Petambak Udang Binaan Pertamina Naik Kelas
Ratusan Petambak Udang Binaan Pertamina Naik Kelas. Foto/Ist
A A A
PALEMBANG - Raut sumringah dan bahagia terpancar dari Agus Sunarko, petambak udang Bratasena yang tergabung dalam Forsil Forum Silaturahmi Petambak Udang Plasma (Forsil).

Pria berusia 40 tahun itu bangga karena lulus mendapatkan sertifikasi profesi sebagai Operator Pembesaran Udang Air Payau yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifkasi Profesi Kelautan dan Perikanan PT Pertamina , sebagai lembaga yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Rasanya seperti wisuda sarjana, apalagi sertifikat ini berlaku hingga 4 tahun. Saya tidak menduga akhirnya bisa dapat sertifikasi," katanya, Minggu (30/08/2020).

Agus merupakan satu dari 219 petambak udang yang mendapatkan sertifikasi profesi petambak, yang dilakukan secara bertahap sebagai bagian dari program pembinaan kepada para petambak udang yang menjadi Mitra Binaan Pertamina di Desa Bratasena Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung.

Mereka mendapatkan pelatihan sejak bulan Maret 2020. Penyerahan sertifikat profesi petambak dilakukan secara simbolis oleh Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia (Perindo), Fatah Setiawan Topobroto selaku BUMN Perikanan yang mendorong pengembangan budidaya udang terintegrasi bersama VP CSR dan SMEPP Pertamina, Arya Dwi Paramita.

Pembinaan petambak udang di Bratasena tersebut merupakan sinergi BUMN Pertamina dan Perindo sebagai bentuk dukungan untuk memajukan sektor perikanan di Provinsi Lampung.

"Pertamina secara rutin melakukan pendampingan dan meningkatkan kompetensi para mitranya melalui workshop, seminar, sertifikasi, dan bentuk lain," kata Vice President (VP) Corporate Social Responsibility & Small Medium Enterprises Partnership Program (CSR & SMEPP) PT Pertamina (Persero), Arya Dwi Paramita.

Sertifikasi ini merupakan yang pertama kali diterima petambak di Bratasena dengan harapan untuk meningkatkan kompetensi, memenuhi standard Cara Budidaya Ikan yang Baik(CBIB).

"Sehingga mitra binaan dapat lebih professional, terlatih dan diharapkan dapat meningkatkan jaminan mutu kualitas hasil panen udang," tambahnya.

Sejak tahun 2018 hingga saat ini, kata Arya, tercatat 723 petambak udang Bratasena yang telah digandeng sebagai Mitra Binaan Pertamina, dengan total pinjaman dana bergulir mencapai Rp72 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3042 seconds (0.1#10.140)