Kisah Dinasti Rajasa Lahirkan Raja-raja Penguasa Kerajaan Singasari dan Majapahit

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 08:16 WIB
loading...
Kisah Dinasti Rajasa...
Dinasti Rajasa melahirkan raja-raja yang berkuasa di Kerajaan Singasari dan Majapahit. Di antaranya Raden Wijaya yang mendirikan Majapahit. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
DINASTI Rajasa melahirkan raja-raja yang berkuasa di Kerajaan Singasari dan Majapahit. Namun sebagian besar masyarakat Jawa justru meyakini dinasti Brawijaya yang berkuasa di Majapahit.

Mitos ini sudah terlanjur berkembang besar hingga menarasikan beberapa raja besar bernama Brawijaya dari Kerajaan Majapahit.



Bahkan nama Brawijaya ini digunakan hingga sekarang sebagai nama kampus ternama di Malang, nama kesatuan militer di Jawa Timur. Lalu mengapa tak menggantinya dengan Rajasa, yang lebih benar dari sisi sejarah.



Raden Wijaya yang menjadi pendiri Kerajaan Majapahit menahbiskan dirinya sebagai dinasti Rajasa. Dinasti ini merupakan penerus era Kerajaan Singasari di bawah Kertanagara.

Apalagi Raden Wijaya tak lain adalah menantu dari Kertanagara, Raja Singasari terakhir.

Dinasti Rajasa merupakan penguasa Kerajaan Majapahit. Sebagaimana dikutip dari "Persada Pemugaran Sejarah Leluhur Majapahit" karya sejarawan Prof Slamet Muljana.



Dikisahkan ada 10 raja yang berkuasa di Majapahit. Raja-raja itu dari mulai Raden Wijaya yang bergelar Kertarajasa Jayawardhana, Jayanagara, Hayam Wuruk, Wikramawardhana, hingga Dyah Suraprabhawa.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3001 seconds (0.1#10.140)