Akhiri Polemik, Keluarga Pindahkan Makam Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dari TMP Surapati

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 14:26 WIB
loading...
A A A
Dirinya bahkan langsung mendampingi dan melihat proses penggalian, dan pemakaman ulang di makam keluarga tersebut hingga pukul 04.00 WIB.

"Kami dari tingkat desa, saya hadir datang mendampingi saja. Intinya karena di wilayah kami, makanya kami hadir. Sekitar jam 11 sudah dilakukan untuk pemindahan, baik penggalian maupun pemakaman, pemakaman (di makam keluarga) menjelang subuh, saya pulang jam 4," jelasnya.

Menurutnya, makam di tanah baru seluas kurang lebih 800 meter persegi itu merupakan lokasi pemakaman keluarga yang baru dibeli dan disiapkan setelah Eddy Rumpoko meninggal pada 30 November 2023 saat menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang.

Tapi ia tak tahu alasan pemindahan makam itu, karena sepenuhnya merupakan wewenang keluarga, termasuk bila ada keputusan pemindahan makam karena sempat menimbulkan polemik ketika narapidana koruptor dimakamkan di tamam makam pahlawan.

"(Tamah dibeli dan dijadikan makam) Mulai tahun ini, proses jual beli tahun ini. Kemungkinan sekitar sebelum puasa. Alasannya saya kurang tahu, karena itu ranahnya pribadi dari keluarga," kata dia.

Imam menambahkan, bila selama ini pihak keluarga sudah berkomunikasi dengan desa dan masyarakat setempat, termasuk perangkat lingkungan RT RW setempat. Apalagi tanah itu merupakan tanah pribadi keluarga dan bukanlah milik pemerintah desa.

"Intinya persyaratan yang dibutuhkan semua sudah dilengkapi, masalah pemindahan adalah wewenang keluarga. (Protes soal pemakaman di taman pahlawan) Terkait persoalan terjadi di situ kami tahu, cuma kami tidak mau ikut masuk di dalamnya karena bukan urusan kami," tuturnya.

Sementara itu, MPI sudah berusaha menginformasi alasan pemindahan ke keluarga almarhum Eddy Rumpoko. Tapi hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan apapun yang disampaikan baik oleh istri dan anak almarhum, maupun perwakilan keluarga.

Sebagai informasi, Eddy Rumpoko yang menjabat Wali Kota Batu pada tahun 2007- 2017, terkena sakit hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia di RS Kariyadi, Semarang, pada Kamis pagi (30/11/2023) pukul 05.30 WIB.

Pria kelahiran Manado ini meninggalkan seorang istri bernama Dewanti Rumpoko. Sang istri sendiri menjabat sebagai Wali Kota Batu periode 2017 - 2022, yang maju dari kader PDI Perjuangan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5264 seconds (0.1#10.140)