Mendag Lepas Ekspor 10 Kontainer Kopi Deliserdang Senilai USD1,48 Juta ke Amerika

Selasa, 02 Juli 2024 - 18:35 WIB
loading...
A A A
Sedangkan untuk meningkatkan pemasaran, Zulhas mengajak produsen dan eksportir kopi di Sumatra Utara untuk ikut meramaikan Expo yang akan digelar pada Oktober 2024 dan Mei 2025 mendatang. Di mana pada Expo, pemerintah akan membuka pasar internasional dengan mengundang buyer dari seluruh dunia.

"Kita harap nanti dari sini juga ikut, agar pasar kopi kita semakin luas," pungkas Zulhas.

Direktur Utama PT Ujang Jaya Internasional, Iradhah Hasnan menjelaskan, mereka telah melakukan ekspor kopi sejak tahun 2004 lalu. Di awali dengan ekspor dalam jumlah kecil hingga kini mereka telah menjadi pemasok untuk salah satu roastery kopi terbesar di dunia Starbucks.

"Iya kita mengumpulkan kopi dari petani yang sudah kita bina dan produksinya telah kita arahkan untuk memenuhi standar ekspor yang diinginkan buyer kita," kata Iradhah.

Iradhah mengaku saat ini, para petani yang mereka bina masih kesulitan permodalan. Sehingga diharapkan pemerintah dapat membantu dengan meyakinkan perbankan untuk memberikan bantuan permodalan lewat mekanisme resi gudang.

Dia menyebut selama ini memang petani yang dibina kesulitan soal resi gudang itu. Banyak perbankan yang tidak percaya, karena memang banyak kasus, petani mampu memproduksi tapi tak memiliki pasar untuk dijual, akhirnya produknya menumpuk dan kualiatas serta harganya turun.

"Kita harapkan dengan kedatangan pak Menteri ini ada solusi agar resi gudang bisa dimaksimalkan untuk permodalan petani kopi," ujarnya.
(shf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2563 seconds (0.1#10.140)
pixels