Mendag Lepas Ekspor 10 Kontainer Kopi Deliserdang Senilai USD1,48 Juta ke Amerika

Selasa, 02 Juli 2024 - 18:35 WIB
loading...
Mendag Lepas Ekspor 10 Kontainer Kopi Deliserdang Senilai USD1,48 Juta ke Amerika
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan melepas ekspor sebanyak 10 kontainer produk kopi gayo dengan tujuan Amerika Serikat dengan nilai mencapai USD1,48 juta. Foto/Wahudi Aulia Siregar
A A A
MEDAN - Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan melepas ekspor sebanyak 10 kontainer produk kopi gayo dengan tujuan Amerika Serikat. Nilai produk kopi seberat 192 ton itu mencapai USD1,48 juta atau senilai Rp24,1 miliar (dengan kurs Rp16.322).

Pelepasan ekspor kopi ini dilaksanakan di Desa Sei Semayang, Kecamatan Sunggal, Deliserdang, Sumatera Utara pada Senin (1/7/2024).



Hadir dalam pelepasan itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara Mulyadi, serta sejumlah anggota Asosaisi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Sumatera Utara.

Zulkifli Hasan (Zulhas) dalam sambutannya menyebut kopi merupakan produk unggulan yang pasarnya sangat luas. Mulai dari Amerika, Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asean, bahkan kini hingga ke Asia Selatan, yang selama ini masyarakatnya lebih suka mengkonsumsi teh.

Oleh karena itu, Zulhas memberikan apresiasi kepada Ujang Jaya Internasional yang telah berhasil menjalin kerjasama ekspor ke luar negari sekaligus mendorong kesejahteraan petani.

"Sekarang semua orang minum kopi. Oleh karena itu saya apresiasi kegiatan ekspor ini. Kita harapkan kegiatan ekspor betul-betul ini adalah ungulan. Kenapa? Karena ekspor menghasilkan devisa dan ekspor membantu petani," kata Zulhas, Senin (1/7/2024).



Zulhas pun meminta untuk terus meningkatnya kualitas produk ekspor dengan meningkatkan kemampuan petani untuk memproduksi kopi yang baik.

"Tadi pesan saya, kualitasnya. Dibina petani dengan baik. karena kalau petani tidak dibina, mereka tidak memiliki kemampuan yang lengkap. Bagaimana mengelola kopi dengan baik, cara memetik, cara mengeringkan, cara mengolah, bibit yang bagus, permodalan dan lain-lain," sebut Zulhas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)
pixels