Gelar Unik Raja Kahuripan Airlangga yang Dianggap Titisan Dewa Wisnu

Sabtu, 29 Juni 2024 - 05:58 WIB
loading...
A A A
Hal itudapat dijelaskan bahwa Buddha adalah salah satu awatara dari Dewa Wisnu, yang mengemban tugas tertentu.Sementara kataDharmmawansa Airlanggaadalah nama dirinya.

Hal ini menjadi menarik karena nama depan Dharmmawansa juga dipakai oleh lima orang raja yang pernah memerintah di Jawa dan Bali. Raja - raja tersebut adalahDharmmawansa Teguh, yang memerintah di Jawa Timur sebelum Airlangga.

Kemudian Dharmmawansa Airlangga dan Dharmmawansa Marakata Pankaja Sthanottungadewa, yaitu adik dari Airlangga yang memerintah di Bali.

Dharmmawansa keempat yang berkuasa adalah Rakai Halu Sri Samarotsaha Karnakencana Dharmmawansa Kirttisi nihajayanatakatungadewa yang namanya tercantum di dalam Prasasti Batu di Surabaya pada 982 Saka.

Sementara satu nama terakhir yakni Dharmmawansa Kertawardhana yang memerintah di Bali.

Sedangkan kataAnantaberarti tidak berakhir, nama ini menjadi salah satu gelar Dewa Wisnu yang digambarkan sebagai satu - satunya manusia yang hidup setelah peristiwa pralaya atau penghancuran terjadi.

Vikramadiartikan sebagai berani, sedangkanUttangadewaberarti keturunan dewa yang maha tinggi.Airlangga dianggap sebagai keturunan dewa yang maha tinggi dan kegagahberaniannya tidak pernah berakhir.

Nama yang dapat berarti luas apabila dikaitkan dengan tindakan - tindakan kemudian.
(ams)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)
pixels