Dijuluki Kampung Penadah Kendaraan Curian, Ini 4 Fakta Menarik Sukolilo Pati

Selasa, 18 Juni 2024 - 10:00 WIB
loading...
A A A
Secara geografis, Sukolilo berada di kawasan perbukitan di wilayah Pegunungan Kendeng. Kondisi ini membuatnya memiliki potensi wisata alam yang bisa dijadikan daya tarik wisatawan.

Beberapa contohnya bisa dijumpai di Desa Kedumulyo. Sebut saja seperti Gua Wareh, Bukit Teletubies hingga Sumber Asem Bosok.

Kemudian, ada juga tempat menarik lain seperti air terjun tadah hujan di Desa Sukolilo. Lokasi ini sangat populer di kalangan wisatawan, khususnya anak muda.

3. Keberagaman Budaya yang Masih Terjaga

Selain wisata, Kecamatan Sukolilo juga menyimpan potensi budaya yang masih terjaga. Misalnya ‘Omah Kendeng’ yang menjadi rumah tradisional warga Sedulur Sikep.

Kemudian, ada pula tradisi Meron untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw. Mengutip Disporapar Provinsi Jawa Tengah, tradisi ini dilakukan setiap 13 Rabiul Awal.

Melihat ke belakang, Meron pertama kali dilakukan sejumlah abdi dalem Kasultanan Mataram di Pati pada abad ke-17. Tradisi ini memakai gunungan makanan yang terbuat dari beras ketan, seperti cucur, once, dan ampyang, lalu disusun tiga tingkatan.

Adapun tradisi Meron biasanya dimulai setelah sholat Dhuhur. Setelah didoakan, gunungan yang dibuat tadi diarak menuju masjid Baitul Yaqin Desa Sukolilo. Pada 2016, Meron telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh Kemendikbudristek RI.

4. Viral dan Jadi Sorotan

Baru-baru ini, Kecamatan Sukolilo di Pati viral dan menjadi perhatian publik. Sayangnya, sorotan yang mengarah ke Sukolilo ini bernuansa negatif karena menjadi buntut kasus pengeroyokan bos rental mobil yang berujung kematian.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4757 seconds (0.1#10.140)