Kisah Mukhlasin, Pedagang Tempe Keliling yang Sukses Antar Putranya Bisa Kuliah ke Jepang

Minggu, 17 Maret 2024 - 15:35 WIB
loading...
A A A
Karenanya, sesulit apa pun, Mukhlasin selalu bersyukur. Terpenting bagi dia kebutuhan keluarga terpenuhi dan kedua anaknya tetap bisa bersekolah.

Kini Mukhlasin mulai menikmati buah dari kerja kerasnya selama ini. Sebab, putra bungsunya sebentar lagi lulus dari bangku SMA. Sementara putra sulungnya sudah bekerja pada perusahaan kapal di Jepang sambil kuliah.

Karier yang kini dititi si sulung Aldi Pratama (22) menjadi berkah tersendiri bagi Mukhlasin. Sebab, selain bisa membantu ekonomi keluarga, Aldi juga bisa lulus sarjana tanpa merepotkan orang tua.

Setiap bulan rekening tabungan Mukhlasin juga terus bertambah karena ada kiriman dari anaknya di Jepang. Lumayan besar, antara Rp10 hingga Rp12 juta per bulan.



Namun, Mukhlasin mengaku tidak pernah memakainya, kecuali jika ada keperluan penting. Dia ingin tabungan itu untuk masa depan anaknya kelak. "Nanti dia juga akan berumah tangga. Pasti akan butuh uang banyak," katanya.

Kisah perjalanan putra sulung Mukhlasin ke Jepang bermula pada 2020 lalu atau setahun setelah lulus SMK Negeri di Malang. Saat itu pihak sekolah menyampaikan surat bahwa ada tawaran magang kerja dari sebuah perusahaan kapal di Jepang.

Tawaran diberikan karena Aldi menjadi salah satu lulusan terbaik di sekolahnya. Selain itu, Aldi juga punya keahlian mengelas seperti yang dipelajari selama di sekolah.
Kisah Mukhlasin, Pedagang Tempe Keliling yang Sukses Antar Putranya Bisa Kuliah ke Jepang


Tawaran itu membuat Mukhlasin semringah. Sebab, perusahaan di Jepang itu akan mengontrak putranya selama tiga tahun serta diikutkan program pendidikan strata satu (sarjana). Aldi juga akan mendapatkan gaji setara Rp20 juta per bulan selama bekerja.

Namun, biaya akomodasi dan tiket pesawat yang harus dibayar secara mandiri sebesar Rp10 juta membuat Mukhlas berpikir ulang. Sebab, saat itu dia tidak punya uang simpanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2476 seconds (0.1#10.140)