47 Tahun Jadi Pemijat di Pantai Kuta, Ketut Sulasti Berhasil Kuliahkan 4 Anaknya

Rabu, 20 Oktober 2021 - 13:37 WIB
loading...
47 Tahun Jadi Pemijat di Pantai Kuta, Ketut Sulasti Berhasil Kuliahkan 4 Anaknya
Ni Ketut Sulasti pemijat di Pantai Kuta Bali yang sudah menjajakan jasanya selama 47 tahun. SINDOnews/Chusna
A A A
DENPASAR - Terik matahari begitu menyengat hamparan pasir Pantai Kuta , Bali, siang itu. Sambil berteduh di bawah pohon, Ni Ketut Sulasti terlihat bercengkrama dengan rekannya sesama pemijat.

Obrolan mereka sesekali terhenti ketika melihat pengunjung pantai melintas. "Pijat pjiat, Rp 50 ribu saja," ujar Sulasti menawarkan jasanya.

Hingga tengah hari, belum satu pun pengunjung menghampirinya. "Sebelum ada korona, siang begini biasanya sudah dapat dua sampai tiga pelanggan," imbuh wanita Bali ini.

Di pantai Kuta, Sulasti sudah puluhan tahun menjadi pemijat, tepatnya sejak tahun 1974. Di usia 23 tahun, dia sudah menjual jasa pijat hingga kini usianya genap 70 tahun.

Selama 47 tahun, pasang surut penghasilan menjadi tukang pijat di pantai tentu sudah dirasakan. Mulai dekade 80-90 an yang menjadi masa emas pariwisata Bali.

Tragedi bom tahun 2002 membuat Sulasti sempat terpuruk. Hampir setahun, pariwsata Bali lumpuh. Tidak ada wisawatan yang datang ke pantai.

Pasca bom Bali pertama dan kedua, Bali kembali berjaya dengan ribuan turis yang datang setiap harinya. Dalam sehari, dia bisa memijat hingga tujuh orang dan membawa pulang uang Rp500 ribu. Baca: Sadis, Siswi SMP Trauma Usai Diperkosa Bergiliran oleh 5 Temannya.

Sulasti pun bangga bisa menyekolahkan keempat anaknya sampai lulus kuliah. "Anak yang terakhir belum lama lulus kuliah di Yogya, sekarang masih cari kerja," ungkapnya.

Sejak pandemi Maret 2020 lalu, Sulasti kembali terpuruk selama 1,5 tahun lebih. Meski saat ini pantai sudah kembali dibuka, pengunjung belum seramai sedia kala. "Sehari dapat satu orang saja sudah bersyukur. Yang penting ada uang yang dibawa pulang," tuturnya. Baca Juga: Keluarga Korban Susur Sungai di Ciamis Minta Polisi Usut Siapa yang Bertanggung Jawab.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0935 seconds (0.1#10.140)