3 Artis Asal China dan Jepang Dideportasi Imigrasi Kotabumi

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 10:53 WIB
loading...
3 Artis Asal China dan...
Imigrasi Kotabumi deportasi tiga WNA yang melanggaran aturan Keimigrasian. Foto/Istimewa
A A A
KOTABUMI - Tiga artis asing asal China dan Jepang dideportasi oleh Imigrasi Kotabumi, Lampung Utara, setelah tertangkap melanggar aturan keimigrasian Indonesia. Ketiganya terjaring saat tampil sebagai bintang tamu di Tubaba Art Festival.

Deportasi tersebut dilakukan karena para Warga Negara Asing (WNA) ini terbukti melanggar Pasal 75 dan Pasal 122 huruf a Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Kepala Imigrasi Kotabumi, Tyas Kristiyaningrum, menjelaskan bahwa meskipun penyelenggara acara telah diberikan edukasi terkait penggunaan visa yang benar jauh hari sebelum festival, ketiga WNA tersebut tetap melakukan pelanggaran.



”Ketiga WNA tersebut telah melanggar peraturan keimigrasian meskipun sebelumnya pihak penyelenggara telah diberikan edukasi terkait penggunaan visa yang benar oleh petugas imigrasi sebelum Tubaba Art Festival berlangsung,” kata Tyas, Jumat (9/8/2024).

Tyas Kristiyaningrum berharap bahwa deportasi ini dapat menjadi peringatan bagi warga negara asing lainnya untuk selalu mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia.



“Pemerintah Indonesia akan terus meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan bahwa penegakan hukum keimigrasian berjalan dengan efektif dan efisien,” tambahnya.

Lebih lanjut, Tyas menyatakan bahwa tindakan tegas ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tertib, serta memberikan kepastian hukum bagi semua pihak yang tinggal dan bekerja di Indonesia.

Imigrasi Kotabumi berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran keimigrasian guna menjaga keutuhan dan keamanan negara.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)