Tekan Lakalantas Polda Jabar Gelar Operasi Keselamatan Lodaya 2024, Ini Sasarannya

Sabtu, 02 Maret 2024 - 14:41 WIB
loading...
A A A
Kabid Humas menuturkan, target Operasi Keselamatan Lodaya 2024 ini, pertama, jumlah lakalantas dan korban fatalitas berkurang. Angka pelanggaran lalu lintas menurun dan meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Sasaran Operasi Keselamatan Lodaya 2024 ini, kendaraan bermotor roda dua dan roda empat yang menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi. Kemudian, kendaraan yang tidak standard dari pabrikan seperti menambah panjang rangka atau mengubah spek. Lalu, kendaraan pribadi menggunakan sirine, rotator, atau strobo yang bukan peruntukannya. Kemudian TNKB tidak sesuai aturan atau spesifikasi teknis," tutur Kabid Humas.

Kemudian, kata Kombes Pol Jules Abraham Abast, penggunaan helm SNI, baik untuk pengendara motor maupun yang dibonceng.

"Untuk cara bertindak tentu preemtif dengan penyuluhan, penyebaran imbauan lalu lintas melalui media cetak, media sosial, dan media elektronik. Kemudian preventif berupa giat pengaturan penjagaan pengawalan dan patroli. Petugas juga melakukan pengawasan dan pengendalian serta pelayanan masyarakat," ucap Jules Abraham Abast.

Dalam Operasi Keselamatan Lodaya 2024, ujar Kabid Humas, olisi lalu lintas juga melaksanakan penegakan hukum melalui ETLE statis dan mobile, penggunaan blanko atau teguran.

"Tadi kita saksikan Polda Jabar melaksanakan pencanangan aksi keselamatan di jalan. Ini merupakan kegiatan terpusat yang telah diperintahkan oleh Korlantas Polri untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadp keselamatan di jalan," ujar dia.

Oerasi Keselamatan Lodaya 2024, tutur Kabid Humas, diharapkan dapat membangun kesadaran seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk bahu membahu meningkatkan kesadaran dan keselamatan lalu lintas di jalan.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)