Dorong Percepatan Produksi Pertanian, Indah Kurnia Bantu Traktor

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 19:03 WIB
loading...
A A A
(Baca juga: Diduga Sopir Mengantuk, Ambulans Bawa Pasien Tabrak Batas Jalan )

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Kedungsukodani, Suwarno mengungkapkan, bahwa trantor sawah sangat dibutuhkan oleh masyarakat supaya waktu turun tanam bisa tepat waktu. Sebelumnya petani di desanya menggarap lahan menggunakan hand traktor yang cukup memakan waktu lama, sehingga waktu menanam bibit padi molor.

"Seharusnya umur 21-22 harus ditanam. Itu sampai umur 36 itu sudah tidak maksmal lagi kalau jadi padi. Tapi dengan adanya traktor ini saya kira bisa tepat waktu," ujarnya. Suwarno mengatakan, saat ini lahan sawah yang digarap warganya seluas 132 hektar. Nantinya, traktor sawah akan dioperasikan bergantian dengan kesepakatan bersama.

Sementara itu, anggota Gapoktan Mandiri Jaya, H. Sunaji mengucapkan termakasih atas bantuan traktor sawah dari Indah Kurnia dan BI. Teknologi ini menurutnya mampu mempercepat penggarapan sawah dengan hasil maksimal dibandingkan hand traktor yang selama ini digunakan.

"Hand Traktor itu kedalamannya kurang dalam, jadi pengolahan sawah tidak maksimal. Kalau agak dalam kan lebih gembul, padi lebih baik padinya itu," kata dia.

(Baca juga: Miris, Nenek Renta di Tasikmalaya Hidup dengan Ayam dan Kucing )

Traktor itu akan dimanfaatkan oleh seluruh anggota Gapoktan Mandiri Jaya sendiri yang berjumlah 55 orang. Namun tidak dipungkiri, kemudian hari juga akan dipinjam oleh tetangga desa yang membutuhkan saat musim tanam tiba.

Untuk pengoperasian dan perawatan, pihaknya sudah memiliki tenaga ahli yang cukup mumpuni. "Di sini ada petani yang dulunya mantan operator alat berat, jadi sudah mahir mengoperasikan," tandasnya.

Sebagai catatan, di tengah pandemi COVID-19 ini Indah Kurnia bersama mitra kerjanya sudah merealisasikan bantuan pada para pelaku UMKM sebesar Rp1.060.000.000. Bantuan tersebut berupa peralatan produksi untuk kelompok UMKM olahan bandeng Desa Kalanganyar, Sedati, Kabupaten Sidoarjo, berupa sembilan unit alat senilai RP270.000.000. Kemudian peralatan produksi untuk kelompok UMKM sambal kemasan Sododadi, Candi, Kabupaten Sidoarjo, berupa 38 unit peralatan senilai RP260.000.000.

Selanjutnya traktor dan pompa air pada kelompok tani Mandiri Jaya, Kedungsukodani, Balongbendo Sidoarjo senilai Rp270.000.000 dan peralatan marketing digital pada koperasi Intako Tanggulangin, sebesar Rp260.000.000. Pada akhir Agustus 2020, rencananya juga akan menyalurkan alat produksi pada salah satu kelompok UMKM dikawasan Kedung Cowek Surabaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)